Panduan Terlengkap Cara Membuat Poster yang Menarik

Anda menginginkan pesan atau sugesti yang anda buat dapat dilihat dan dibaca oleh banyak orang? Solusinya adalah dengan cara membuat poster.

Poster bukan sesuatu yang asing bukan? Bahkan sering anda jumpai di kehidupan sehari – hari, baik itu di dinding pinggir jalan, mading sekolah, maupun di tempat-tempat umum yang berhubungan dengan isi poster. 

Tapi, tahu kah anda apa itu poster?

Dan bagaimana cara membuat poster yang menarik? 

Bagaimana cara membuat poster yang baik dan benar?

Atau anda bingung seperti apa contoh poster yang bagus? 

Mari kita simak bersama ulasan saya dibawah ini.

Apa Itu Poster?

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Dengan desain grafis yang di dalamnya terdapat huruf dan gambar yang memiliki tujuan menarik perhatian para pembacanya. 

Seiring berkembangnya zaman, poster tidak lagi hanya terletak di dinding, tembok, dan tempat umum lainnya.

Sekarang pun anda dapat menemui poster di berbagai situs web, di media sosial, bahkan ada juga di videotron yang sering kali anda jumpai saat mengendarai kendaraan di jalan raya. 

Lalu, bagaimana cara membuat poster yang menarik?

Poster yang menarik yaitu poster yang dapat menyampaikan pesan dengan singkat dan jelas dan jangan lupa juga dengan desain grafis yang memikat mata. 

Mengapa perlu memikat mata? Mari saksikan kedua gambar di bawah ini.

cara membuat poster

cara membuat poster
senibudayaku.com

Dari kedua gambar di atas, manakah yang lebih menggugah hati anda untuk membuang sampah pada tempatnya?

Tentunya gambar yang ada di bawah bukan?

Begitulah cara membuat poster menyampaikan pesan dan sugesti agar dilirik dan dilakukan oleh mangsanya (pembaca). 

Fungi poster pun beragam, mulai dari sebagai media iklan, sebagai sosialisasi atau ajakan, juga bisa sebagai dekorasi dinding, sampai digunakan sebagai media propaganda.

Perbedaan Poster dengan …

Perbedaan poster dengan slogan adalah pada komposisi gambar, di slogan tidak terdapat gambar seperti pada poster.

Perbedaan poster dengan brosur adalah pada isi tulisan, di brosur berisikan informasi yang dibahas dan disusun secara sistematis. informasi singkat berupa ajakan atau imbauan.

Perbedaan poster dengan iklan adalah pada maksud isi tulisan. Poster pada umumnya mengajak atau menghimbau pada suatu kegiatan sedangkan iklan bermaksud untuk membeli barang atau jasa kepada pembacanya.

Nah, anda sudah mulai paham perbedaannya bukan?

Tujuan Poster

Poster memiliki tujuan untuk menyajikan informasi, menghimbau, dan mengajak kepada banyak orang untuk melakukan apa yang terdapat di dalam poster.

Targetnya adalah harus tersampaikan kepada orang banyak, maka tidak heran jika sering anda jumpai di tempat-tempat umum atau tempat tertentu supaya diketahui oleh banyak orang.

Ciri-Ciri Poster yang Baik

  • Merupakan karya seni yang memadukan antara unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar supaya lebih mudah di baca orang banyak.
  •  Berikan unsur warna yang mencolok agar dapat menarik perhatian banyak orang.
  • Isilah dengan kalimat-kalimat yang cukup jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh pembaca.
  • Usahakan selalu mengandung unsur gambar yang menarik, agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada di dalam poster.
  • Pasang di tempat strategis agar dapat diketahui banyak orang, contohnya di tempat yang ramai seperti sekolah, pasar, dan-lain-lain.

cara membuat poster, poster bumi

Syarat-Syarat Poster yang Benar

  • Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang.
  • Kalimat pada poster harus singkat, jelas dan padat.
  • Mengkombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.
  • Dibuat semenarik mungkin, supaya menarik perhatian banyak orang.
  • Poster harus di tempelkan atau di pajang di tempat-tempat yang ramai.
  • Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualitas yang baik, supaya tidak cepat rusak.

Jenis-Jenis Poster

Jenis-jenis poster dibagi menjadi dua yaitu;

Berdasarkan Tujuan Poster

  • Poster Propaganda. Poster yang memiliki tujuan untuk memotivasi kepada masyarakat umum. Pada umumnya berjalan tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain-lain, bisa dikategorikan poster untuk mempengaruhi orang lain.
  • Poster Kampanye. Pada umumnya muncul saat masa pilkada atau pemilu, bertujuan untuk meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilih calon tersebut saat pemilu tiba.
  • Poster Afirmasi. Poster yang memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.
  • Poster Film. Poster yang memiliki tujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan di tayangkan, supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.
  • Poster Riset. Poster yang memiliki tujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian kepada banyak orang, banyak ditemukan di lingkungan akademik seperti sekolah dan kampus.
  • Poster Komersial. Poster yang memiliki tujuan mempromosikan barang atau jasa untuk dijual, poster jenis dapat disebut juga sebagai poster niaga.

Berdasarkan Isi Poster

  • Poster Layanan Masyarakat. Poster yang memberikan informasi tentang pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.
  • Poster Niaga. Poster tentang menjual dan mempromosikan suatu produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.
  • Poster Karya Seni. Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.
  • Poster Pendidikan. Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.
  • Poster kegiatan. Poster tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat mengikuti kegiatan yang akan diadakan.

Nah sudah mulai paham bukan?

Yuk kita masuk ke inti pembahasan, bagaimana sih cara membuat poster ?

cara membuat poster, poster makanan

Cara Membuat Poster

Cara Membuat Poster
Saya akan menjelaskan secara konseptual dengan langkah-langkah membuat poster. Karena membuat desain baik itu gambar, font tulisan, letak tulisan, dan teknis lainnya itu merupakan kreatifitas dari sang pembuat. 

Jadi buat lah poster semenarik dan sekreatif anda agar poster anda dilihat banyak orang.

Tentukan Tujuan dan Topik

Ini penting sekali. Jika anda tidak menentukan secara jelas dan lugas, maka pesan yang disampaikan pada poster tidak akan sampai kepada pembaca. atau bahkan tidak mengerti maksud dari poster yang anda buat.

Menentukan ide pada tahap awal harus dilakukan, agar ide ini dapat disesuaikan dengan konsep kegiatan yang akan dibuat. 

Semisal kegiatan sosial galang dana, produk kesehatan, atau kampanye pemilu.

Setelah itu berikan alasan kenapa anda membuat poster tersebut. Sekedar sosialisasi atau untuk promosi? Jika sampai promosi saat perlu diperhatikan bahwa perlu riset mendalam mengenai komposisi poster baik itu dalam hal gambar, peletakan tulisan maupun kata-kata yang disampaikan.

Kalimat Pendek dan Memberikan Sugesti

Esensi utama cara membuat poster yaitu menyampaikan informasi.

Karena itu, supaya bisa tepat sasaran, kalimat yang akan ditulis dalam poster harus singkat dan sugesti atau ajakan.

Kalimat panjang pun dibolehkan, dengan catatan cukup jelas dipandang sekilas mata.

Jangan membuat kalimat yang ambigu atau tidak jelas dan bukan bahasa baku. bahasa sehari-hari bisa saja digunakan, tetapi menyesuaikan dengan lingkungan poster tersebut.

Komposisi Desain

Elemen desain yang ditampilkan di poster baiknya selaras dengan tujuan, termasuk pemilihan warna dan jenis huruf yang digunakan. Sebaiknya warna yang dipilih tidak tumpang tindih. Layout perlu diperhatian, apalagi jika mau menambah gambar.

Gunakan Gambar

Otak dan mata manusia cenderung lebih dahulu mengolah maksud gambar daripada tulisan. Jadi berikanlah gambar yang menarik agar dilihat orang.

Jika hanya ada tulisan maka itu bukan poster. Seperti kolom lowongan kerja bukan? hanya berisi tulisan yang singkat dan jelas.

Karena pembaca yang butuh, bukan poster kita yang butuh untuk dibaca.

Jika perlu gunakan resolusi tinggi. Agar gambar tidak pecah saat masuk proses percetakan.

Lokasi Strategis

Keefektifan sebuah poster dapat dilihat dari lokasi penempatan poster. Tempat umum menjadi lokasi yang paling tepat untuk menempatkan poster, baik di perempatan tempat lalu lalang, mading sekolah, maupun pasar. Daera ramai seperti itu tentu lebih maksimal daripada meletakkan poster di jalan desa atau tempat sepi orang.

cara membuat poster, poster di dinding

Membuat Poster untuk Promosi

Poster yang Efektif untuk Promosi salah satu fungsi poster yang utama yaitu digunakan sebagai alat pemasaran suatu produk.

Bagaimana cara target pemasaran tercapai? Yaitu dengan poster harus berperan secara efektif seperti fungsi aslinya. Dengan kriteria tertentu supaya poster bisa disebut efektif atau tidak saat dipakai untuk promosi.

Maksud dan Tujuannya Jelas

Jangan menambah kata yang tak perlu meski itu bagus, karena ini justru bisa mengaburkan maksud dan tujuan dari pesan dalam poster.

Ingat, pembaca hanya melihat dengan sekilas. Jadi gunakan waktu beberapa detik ini dengan sebaik mungkin untuk menyampaikan informasi.

Sesuai Konsep

Semisal ide acara yang mau dilaksanakan mengambil tema musik atau cerita tentang stand up, desain poster pun juga harus sesuai tema acara tersebut.

Jenis desain yang dipilih harus dapat mencerminkan prinsip dan tujuan acara tersebut..

Tonjolkan tulisan

Cara paling efektif menyampaikan pesan tentu lewat tulisan. Oleh karena itu, poster efektif harus mengutamakan tulisan daripada konten desain seperti gambar.

Jenis huruf, ukuran huruf, dan warna huruf dibuat mencolok dengan tetap mempertimbangkan dimensi ukuran poster. Karakter huruf pun menjadi pertimbangan yang penting untuk ditampilkan.

cara membuat poster, poster promosi

Ukuran Menjadi Penting

Dimensi poster perlu perhatian khusus untuk poster promosi yang efektif. Terlalu besar dimensi suatu poster jelas tidak akan efektif, sama halnya kalau ukuran poster terlalu kecil.

Memang, tidak ada ukuran pasti berapa ukuran poster yang baik, menurut saya ukuran 100×40 cm cukup ideal. Sesuaikan juga dengan lokasi yang digunakan.

Tempat yang Strategis

Semenarik apapun desain poster yang dibuat tak akan bisa bekerja maksimal jika salah meletakkan tempat. Tujuannya memberi informasi, jadi poster harus dipasang di tempat strategis. Sejumlah tempat seperti pasar, sekolah, dan stasiun, merupakan lokasi paling efektif.

Masih banyak yang menilai poster dipandang sebelah mata karena harganya relatif murah dibanding media promosi lain.

Pandangan negatif ini yang bisa menjadi kekuatan utama poster, yaitu harga murah dan merupakan media promosi jarak dekat paling efektif. Dengan desain menarik, poster pun bisa menjadi alat pemasaran yang andal.

Cara Membuat Poster Online

Cara Membuat Poster Online
Poster pun tidak ketinggalan zaman. Seiring berkembangnya teknologi, poster pun bertransformasi bentuk menjadi poster online.

Bagaimana maksudnya?

Maksudnya poster tidak lagi ditempel di dinding pinggir jalan raya, mading sekolah, ataupun di depan pintu ruko.

Melainkan tersebar di berbagai situs web, media sosial, bahkan di videotron yang sempat saya bahas di awal tadi.

Target pasar pun meluas menjadi seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia. Semua dapat mengakses poster tersebut bahkan bisa didownload untuk disimpan dan dibagikan kepada teman-teman.

Dan poster online dapat dibuat di laptop dan ponsel anda, sebelum saya beritahu situs dan aplikasinya, yuk simak terlebih dahulu keuntungan cara membuat poster online.

Mudah Membuatnya

Anda cukup mendaftarkan di website atau aplikasi tersebut, sehingga dapat masuk dan dapat mulai membuat poster.

Setelah masuk web atau aplikasinya, anda dapat langsung membuat poster secara gratis. Untuk penggunaan alat dan fungsi pada web atau aplikasinya, anda perlu waktu untuk memahaminya. Dapat dicoba-coba secara langsung.

Jangan takut salah, karena dapat diundo agar kembali ke posisi sebelum kesalahan tersebut.

Murah Biayanya

Kenapa murah? Karena gratis. Jika pun anda ingin mengakses fitur yang lebih lengkap, anda dapat membeli versi fullnya.

Tidak perlu juga kesalahan teknis maupun cacat pada posternya. Karena tidak dicetak maka tidak ada biaya yang dikeluarkan.

Cepat Jadinya

Jika dibandingkan dengan poster biasa, poster online tidak perlu dicetak. Cukup perlu disimpan di laptop dan ponsel anda. Dan anda setelah itu leluasa mempublikasikannya secara online.

Cara Membuat Poster Online

Canva

cara membuat poster. canva

Saya merekomendasikan membuat poster online dengan menggunakan layanan dari Canva. Canva dapat digunakan melalui komputer atau laptop dan ponsel.

Terintegrasi secara langsung, semisal anda belum menyelesaikan poster anda di laptop, maka anda dapat melanjutkannya di ponsel anda. Begitu pula sebaliknya.

Atau jika anda belum puas dengan rekomendasi saya, anda dapat mencari dengan kata kunci poster online di google atau di playstore.

Tambahan dari saya, bagi anda yang ingin mendapatkan gambar dengan kualitas bagus dan gratis tanpa harus khawatir dengan copyright. Anda cukup mencari di google dan playstore dengan kata kunci free image atau free copyright image.

Saran saya gunakan gambar dari website shutterstock.com, unsplash.com, pixabay.com, dan pexels.com.

Sekarang anda sudah mengerti cara membuat poster bukan?

Yuk segera action, karena memang dibutuhkan jam terbang untuk menguasai membuat poster. Kreatifitas dan keuletan pun menjadi kunci utama dalam cara membuat poster.

Terima kasih telah membaca sampai akhir artikel kami yaitu cara membuat poster, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *