Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Jika kamu mendengar kabar dan mengetahui hal ini, tentu kamu senang dan bahagia sekali bukan? Bahkan mungkin sampai super bahagia karena kucingmu bertambah semakin banyak. Sebagai sesama catlovers, saya ingin berbagi mengenai ciri-ciri kucing mau melahirkan buat kalian semua.

Setelah kira-kira menunggu 60-70 hari sejak kucing kamu hamil tentu momen saat kucing kamu akan melahirkan adalah momen yang kamu tunggu-tunggu.

Pada postingan sebelumnya saya menuliskan tentang ciri-ciri kucing hamil, kamu bisa baca terlebih dahulu agar mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dan detail.

Apa aja sih ciri-ciri kucing mau melahirkan? Buat kamu yang masih awam dengan dunia perkucingan tentu sangat ingin mengetahui hal ini bukan? Yuk simak langsung ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Wajib nih hukumnya buat kamu yang catlovers memperhatikan betul kucing kesayanganmu akan melahirkan, apalagi saat masa hamil kucing. Terlebih lagi kucing yang pelihara adalah kucing yang memiliki ras, bukan kucing lokal.

Karena pada masa-masa inilah kucing butuh perhatian ekstra seperti makanannya, tempat tidur, lingkungan dimana kucing beraktifitas, dll. Bukan berarti sebelumnya tidak memperhatikan, namun saat hamil dan akan melahirkan perlu perhatian yang lebih ekstra.

Seperti halnya dalam asupan nutrisi pada makanan kucing, mungkin kamu yang biasanya membebaskan kucing kamu makan apa saja, coba untuk lebih perhatian saat kucingmu hamil sampai mau melahirkan. begitu pula tempat tidur dan lain sebagainya.

Kucing Terus Menerus Mengeong

kucing mengeong,

Salah satu ciri-ciri kucing mau melahirkan yang kadang membuat kita pemilik agak terganggu adalah kucingmu terus menerus mengeong. Kadang suaranya berisik sehingga dapat mengganggu kita.

Tapi…. jangan salah sangka dulu, itu bukan karena kucingmu kelaparan, padahal kamu sudah kasih makan, tapi tanda bahwa kucingmu akan segera melahirkan.

Menemukan Tempat untuk Melahirkan

Pernah memperhatikan kucingmu mengelilingi seisi rumahmu bahkan sampai keluar rumah dalam keadaan perutnya hamil besar? Yang terkadang kucingmu menghabiskan waktunya untuk tidur seharian.

Ya ini juga termasuk ciri-ciri kucing mau melahirkan. Kucingmu mencari tempat yang hangat, nyaman, dan tersembunyi dari tempat ramai. Bahkan terkadang kucing ditemukan perutnya sudah kempes yang mengindikasikan bahwa kucing sudah melahirkan.

Biasanya kucing menemukan tempat untuk melahirkan di gudang, lemari pakaian, sudut ruangan yang jarang jangkau, bahkan bisa sampai di atap rumah maupun di rumah tetangga kamu.

Nah supaya kucingmu tetap dalam pengawasanmu, mulailah membuat tempat yang nyaman untuk kucingmu melahirkan. Bisa dengan memberi handuk atau selimut untuk tempat kucing melahirkan.

Suka Tidur Terus Menerus

Jika ciri di atas kucingmu terkadang berkeliaran kesana kemari saat dirumah untuk mencari tempat melahirkan, aktifitas lainnya adalah tidur. Bahkan tidak tanggung-tanggung, bisa seharian kucingmu menghabiskan waktunya untuk tidur.

Enak ya? yaiyalah kucing mah bebas~

Jangan khawatir jika kucingmu berkelakuan seperti ini saat sedang hamil tua, ini merupakan cara kucing mempersiapkan dirinya untuk melahirkan nanti.

Berkurangnya Nafsu Makan

Ciri-ciri kucing mau melahirkan yang ini nih yang agak menjengkelkan, padahal sudah diberikan makanan yang cukup tetapi tidak dimakan. Dikarenakan tubuh kucing mulai lemas dan kesulitan untuk bergerak.

Tapi kabar baiknya kuingmu akan melahirkan dalam tidak lama lagi, bersiap-siap yaa.

Perubahan Suhu Tubuh

Perubahan suhu tubuh kucing akan semakin berkurang saat 12-24 jam sebelum melahirkan. Pada umumnya suhu normal saat akan melahirkan yaitu 37-38°C  dan saat tidak melahirkan 38-39,5°C.

Kamu dapat memantau ciri-ciri kucing mau melahirkan ini dengan mengecek suhu setiap hari sampai melahirkan, kamu akan melihat perubahan suhu tubuh kucingmu.

Mudah Terusik Kucing Lain

Beberapa hari sebelum melahirkan, kucing akan lebih sensitif dan mudah merasa terganggu dengan kucing lain. Bahkan bisa sampai bertengkar. Ini dikarenakan kucing merasa bahwa kucing lain adalah ancaman untuk bayinya.

Jika kamu punya kucing lebih dari satu, sebaiknya pisahkan kucing yang melahirkan jauh dari kucing lainnya.

Mengeluarkan Cairan di Daerah Kelamin

Ciri-ciri ini terjadi saat proses persalinan, yaitu pada saat kucing mengalami kontraksi uterus. Yang tidak tampak oleh mata manusia, namun salah satu tandanya adalah dengan keluarnya cairan seperti air seni. Terkadang pula berupa bercak darah.

Jangan panik dan jangan khawatir berlebihan, ini ciri-ciri kucing mau melahirkan. Hal yang wajar terjadi.

 Kesulitan dalam Bergerak

Yang awalnya kucingmu sangat lincah dan gesit, namun saat melahirkan sudah berkurang bahkan tidak seperti itu lagi. Ini disebabkan karena perut kucing semakin membesar sehingga kucing kesulitan untuk bergerak

Membesarnya Kelenjar Susu

kelenjar susu kucing
kucingfelin.com

Pada masa-masa mendekati akhir kehamilan, dapat terlihat bahwa kelenjar susu pada induk kucing membesar. Ini adalah hal yang sangat normal terjadi, dikarenakan sebagai persiapan untuk menyusui anak-anaknya kelak nanti pasca melahirkan.

Jadi, dengan adanya pembesaran pada kelenjar susu pada induk kucing itu menandakan bahwa kucingmu akan segera melahirkan.

Mengeluarkan Cairan Kolustrum

Masih membahas seputar kelenjar susu, nah saat menjelang persalinan atau mau melahirkan, kamu akan mendapati cairan berwarna kekuningan yang keluar dari kelenjar susu kucing. Cairan ini disebut cairan kolostrum.

Kamu juga bisa memencet pada puting kucing untuk mengeluarkannya, tapi jangan sampai melukai kucing hingga merasa kesakitan karena kamu pencet terlalu keras ya. Sebagai bukti untuk mengetahui tanda kucing mau melahirkan.

Pecahnya Air Ketuban

Kalau ini sangat jelas ya catlovers, layaknya seorang ibu akan melahirkan pasti tanda yang paling mencolok yaitu dengan pecahnya air ketuban. Air ketuban berwarna bening dan ada juga tidak berwarna.

Kamu segera menyiapkan tempat yang aman dan nyaman untuk kucingmu melahirkan dan menyusui anak-anaknya.

Kucing Sering Menjilat Area Kelamin

Tanda kucing mau melahirkan yang satu ini terkadang tidak bisa dibedakan dengan perilaku kucing pada umumnya yang biasa menjilati diseluruh bagian tubuhnya. Namun hal ini terjadi karena kucing mulai merasakan adanya kontraksi untuk melahirkan.

Kucing Merasa Kesakitan

Pada masa persalinan, kontraksi yang dirasakan oleh induk kucing akan semakin kuat. Dikarenakan induk kucing mengejan atau menekan perutnya agar bisa mengeluarkan anak-anaknya sampai merasa kesakitan.

Yang perlu kamu waspadai adalah ketika proses mengejan ini lebih dari setengah sampai satu jam lebih tidak ada tanda-tanda anaknya keluar. Aatau bahkan saat proses persalinan normal lebih dari 4 jam, maka segera bawa ke dokter hewan untuk mendapat penangan lebih lanjut.

Bisa terjadi juga kucingmu tidak normal dalam melahirkan sehingga susah melahirkan. Yang lebih parahnya lagi kucing bisa gagal melahirkan.

Kamu Mulai Perhatian dengan Kucingmu

Tentulah hal ini terjadi, masa iya kamu gak makin sayang sama kucingmu? Semakin perhatian dong dengan memperhatikan baik-baik setiap perkembangan anak-anak kucing kamu, baik itu dengan teratur memberikan makan, bahkan sampai menjaga agar suhu ruangan tempat kucingmu tinggal dalam keadaan aman dan nyaman.

Kesimpulan

Keseluruhan masa kontraksi pada kucing bisa terjadi selama 12 jam sebelum melahirkan. Untuk proses mengejan bisa sekali atau dua kali selama 10-30 menit untuk melahirkan setiap anak-anaknya. Anak kucing keluar bisa kepala atau kakinya terlebih dahulu pada saat proses persalinan.

Setelah semua anak-anaknya keluar dari perut sang ibu, sang ibu secara alami menjilati kantung ketuban anak-anaknya supaya dapat bernafas.

Yang perlu menjadi catatan adalah pada masa ini kamu jangan memegang bahkan membersihkan anak kucing. Meskipun dengan alasan ingin membantuk kucing yang susah melahirkan, justru dapat membuat sang induk tidak dapat mengenali anaknya karena bau anaknya sudah tercampur dengan bau tanganmu.

Jadi jangan ganggu pada masa paling krusial ini ya, kecuali kamu memang bisa menggantikan peran sang induk dalam membesarkan anak kucing tersebut.

Kucing melahirkan berapa anak? Bisa sampai 4 hingga 6 anak dalam sekalu proses melahirkan.

Trus, jika kamu mau membantu kucing yang susah melahirkan, bawa saja dulu ke dokter hewan dan tanyakan caranya. Yang pada proses melahirkan selanjutnya kamu dapat membantu secara mandiri dalam proses kucingmu melahirkan.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan share ke para pecinta atau komunitas kucingmu ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *