cara membuat abstrak, contoh abstrak

Panduan Menulis dan Contoh Abstrak Skripsi, Karya Ilmiah, Makalah, Tugas Akhir

Contoh Abstrak – Apakah kamu sedang mencari contoh abstrak skripsi, makalah, tugas akhir atau karya ilmiah? Yup kamu sudah berada di tempat yang benar.

Jika diibaratkan sebuah rumah, abstrak adalah denah rumah tersebut. Artinya gambaran yang penting dan jelas mengenai rumah tersebut. Dan jika kamu membuat karya tulis ilmiah, para juri selalu melihat abstrak terlebih dahulu apakah layak untuk dibaca lebih lanjut.

Buat kamu yang sedang mengenyam pendidikan seperti dengan menjadi siswa maupun mahasiswa ataupun bergelut di dunia tulis menulis, pasti tidak asing dengan menulis abstrak.

Lalu bagaimana contoh abstrak yang baik dan benar itu? Simak ulasan berikut

Apa Itu Tulisan Abstrak

Jika melihat secara umum, abstrak adalah rangkuman yang dikemas secara singkat, padat, dan jelas dalam menggambarkan inti dari keseluruhan pada dokumen tersebut. Yang dimana tanpa adanya menambahan tafsiran, penjelasan panjang, dan kritikan.

Agar lebih mudah dipahami, abstrak adalah penjelasan inti mengenai isi keseluruhan pada tulisan tersebut.

Dalam bidang penelitian, abstrak adalah tulisan singkat yang menggambakan secara keseluruhan tentang aktivitas atau kegiatan penelitian yang dijalankan bertujuan membantu pembaca agar lebih mudah, cepat, dan paham mengenai dokumen atau karya tersebut.

Pada umumnya peletakan abstrak terdapat di awal bagian suatu tulisan, lebih dahulu daripada bab pembahasan. Karena fungsinya sebagai informasi awal bagi pembaca.

Dan pada umumnya abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa induk yang digunakan oleh penulis dan bahasa universal yaitu bahasa inggris. Dengan tujuan apabila tulisan atau karya tersebut dipublikasi secara luas, dapat dibaca oleh semua orang.

contoh abstrak, menulis

source : pixabay.com

Fungsi Abstrak

Pada contoh abstrak pun memiliki fungsi, yaitu sebagai berikut :

Komponen Utama Laporan Penelitian.

Seperti yang saya singgung diawal, abstrak diibaratkan denah rumah. Apabila abstrak ditiadakan atau tidak diikutsertakan pada sebuah tulisan atau karya, maka karya tersebut belum lengkap sesuai kaidah penulisan.

Gambaran Umum Tentang Isi Laporan 

Masih dengan analogi yang sama, fungsi abstrak yaitu gambaran umum tentang isi laporan tanpa harus membaca keseluruhan laporan tersebut.

Bahan Pertimbangan Awal

Pembaca dapat mempertimbangkan langkah selanjutnya, yaitu apakah terus melanjutkan membaca dan membahas isi laporan tersebut atau tidak. Sangat penting bukan?

Yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Abstrak

Judul yang Menarik

Judul terletak pada bagian paling atas pada halaman abstrak, oleh karena itu buatlah judul semenarik mungkin dan tetap dalam kaidah penulisannya. Agar pembaca mempunyai minat untuk melanjutkan membaca tulisan anda.

Latar Belakang yang Jelas

Latar belakang terletak pada paragraf awal abstrak. Ceritakan secara singkat dan jelas mengenai latar belakang anda membuat tulisan tersebut. Tidak perlu panjang lebar, cukup langsung intinya.

Metode Penelitian yang Digunakan

Pada metode penelitian yang digunakan cukup menyebutkan metodenya saja. Jika ingin mendetail cukup sampai sub-metode setingkat dibawahnya. Tidak perlu dijelaskan secara mendetail.

Hasil Penelitian

Penjelasan secara singkat mengenai penelitian yang dilakukan oleh penulis. Dan tetap to the point pembahasannya. Tidak perlu mendetail, hal tersebut dapat dibahas pada bab pembahasan. Pada umumnya dijabarkan sekitar 2-3 paragraf.

Kesimpulan

Kesimpulan terletak pada paragraf terakhir. Yang berisikan bahwa dari hasil penelitian tersebut dapat diselesaikan atau dapat berkelanjutan pada penelitian selanjutnya. Dengan catatan ada perkembangan penelitian tersebut.

Kata Kunci

Pada bagian akhir halaman abstrak, diberikan kata kunci mengenai laporan penelitian anda. Berikan sekitar tiga sampai enam kata kunci dengan dipisahkan tanda koma (,)

Abstrak dalam Bahasa Inggris

Penulisan abstrak menggunakan bahasa inggris merupakan nilai lebih dari laporan penelitian anda. Artinya dapat menjadi konsumsi semua orang dengan menggunakan bahasa universal yaitu bahasa inggris. Cukup dengan menerjemahkan abstrak anda ke bahasa inggris dan letaknya setelah halaman abstrak bahasa anda.

Teknis Menulis Abstrak

  • Jumlah kata berjumlah kisaran 150 sampai 250 kata.
  • Jarak antar baris yaitu spasi 1 (single spacing)
  • Jumlah paragraf berjumlah 3-6 paragraf.
contoh abstrak, menulis

source : pexels.com

Contoh Abstrak

Berikut ini adalah contoh abstrak skripsi, contoh abstrak tugas akhir, contoh abstrak karya ilmiah, dan contoh abstrak makalah.

Contoh Abstrak Skripsi

STUDI KASUS TUMOR MAMMAE PADA KUCING DI RUMAH SAKIT HEWAN PENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN

UNIVERSITAS …

TAHUN 2013-2017

Nama Penulis, Nama Dosen Pembimbing

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kasus tumor mammae pada kucing di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas … serta pengaruh ras, umur dan kondisi organ reproduksi terhadap perkembangan tumor mammae. Penelitian dilakukan dengan deskriptif analisis, sampel berasal dari catatan medis Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas … tahun 201..-201.. Sampel kemudian dikonfirmasikan kembali kepada pemilik pasien. Hasilnya menunjukkan jumlah kasus tumor mammae cenderung meningkat. Kasus tertinggi tumor mammae ditemukan pada kucing Persian dengan 4 kasus (44%), diikuti oleh Domestik dengan 3 kasus (33%) dan Mixbreed dengan 2 kasus (22%). Berdasarkan umur kucing, kasus tumor mammae pada umur muda sebanyak 44%, dewasa sebanyak 44% dan tua sebanyak 11%. Semua pasien kucing tumor mammae berjenis kelamin betina dengan kondisi organ reproduksi intact. Pada kejadian tumor mammae diketahui adanya pola hubungan antara ras dan umur kucing.

Kata kunci: tumor mammae, ras, umur, kondisi organ reproduksi, kucing.

Begitulah contoh abstrak skripsi, selanjutnya adalah contoh abstrak karya ilmiah

Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Penulis. 2013:

Manfaat Biji Turi Sebagai Pengganti Kedelai Dalam Pembuatan Tempe

SMA Negeri 1 …

Dewasa ini kebutuhan akan kedelai sebagai bahan dasar pembuatan tempe dan kecap sangat tinggi,hal itu mengakibatkan harga kedelaipun meroket dan persediaan akan kedelaipun sangat terbatas  yang pada akhirnya para pengusaha tempe dan kecap pun panik dan kesusahan dalam menangani produksinya. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka banyak pengusaha tempe dan kecap yang pada akhirnya gulung tikar yang di karenakan kelangkaan kedelai. Sementara itu di sisi lain, biji turi tersedia dalam jumlah banyak dan belum dapat di manfaatkan dengan baik di  kecamatan Kutoarjo, kabupaten Purworejo dan sekitarnya.

Oleh karena itu, penulis melakukan studi dan penelitian tentang  biji turi (Sesbania grandiflora) sebagai pengganti kedelai dalam pembuatan tempe. Dalam karya tulis ilmiah ini metode penulisan yang penulis gunakan adalah studi literatur atau kajian pustaka. Berdasarkan hasil yang di peroleh dari literature, penulis dapat menyimpulkan bahwa biji turi dapat digunakan sebagai pengganti kedelai untuk pembuatan tempe, caranya mirip dengan pembuatan tempe seperti umumnya yaitu  perendaman biji turi, pemasakan pertama biji turi, pemisahan kulit, pemasakan ke dua, pendinginan, peragian, pembungkusan.

Tempe yang di hasilkan dari biji turi pun tidak kalah dengan yang di hasilkan oleh kedelai, tempe biji turi juga mengandung kandungan gizi yang lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, dan garam garam mineral lain yang di perlukan oleh tubuh.

Kata kunci : biji turi, tempe, Sesbania grandiflora

Begitulah contoh abstrak karya ilmiah, selanjutnya adalah contoh abstrak tugas akhir

Contoh Abstrak Tugas Akhir

PENGARUH VARIASI SUHU TEMPERING YANG DIIKUTI PROSES PEENING DAN DICELUP PADA CAMPURAN AIR DAN GARAM TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK PADA BAJA SM490 YANG DIGUNAKAN PADA UNDERFRAME KERETA API

Nama Mahasiswa :
NRP :
Departemen :
Dosen Pembimbing :

Baja SM490 merupakan jenis baja karbon rendah yang digunakan di industri perkereta-apian. Baja ini digunakan oleh PT. INKA untuk membuat underframe kereta api. Pembuatan underframe menggunakan baja SM490 dikarenakan baja ini mengandung karbon rendah sehingga mudah dibentuk. Baja karbon rendah memiliki sifat mekanik yang getas. Sehingga diperlukan perlakuan panas untuk merubah sifat mekaniknya agar lebih keras dan tangguh.

Metodologi yang dilakukan meliputi persiapan benda uji, uji laku panas Hardening dengan temperatur 900˚C, media pendingin air dilanjutkan Tempering dengan variasi suhu 400˚C, 600˚C dan 800˚C. Kemudian di tempa sebanyak 20 kali lalu didinginkan dengan campuran air (80%) dan garam (20%). Kemudian uji metalografi, uji kekerasan dan uji impak..

Hasil penelitian ini pada uji metalografi, suhu 800˚C memiliki martensit temper paling sedikit. Saat uji kekerasan pada suhu 800ᵒC memiliki kekerasan 85,16 HRB. Dan hasil pengujian impak 600ᵒC mempunyai kekuatan impak sebesar 7,7529 Joule/mm2.

Kata kunci: SM490, Kekerasan, Metalografi, Impak, Air dan Garam

Begitulah contoh abstrak tugas akhir, selanjutnya adalah contoh abstrak makalah

Contoh Abstrak Makalah

Penelitian berjudul “Pengaruh Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Jagung” bertujuan untukmemaparkan hasil penelitian pertumbuhan tanaman jagung yang menggunakan media tanam tanah liat,media tanam pasir dan media tanam kapas.

Jenis penelitian ini adalah observasi dan eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan variabel bebas, variabel kontrol, dan variabel terikat / respon. Variabel bebas meliputi media tanam, yaitu media tanam tanah liat, media tanam pasir, dan media tanam kapas. Variabel kontrol meliputi jenis biji jagung, air, tempat untuk media tanam (gelas plastik), waktu penelitian. Variabel terikat meliputi faktor yang di amati pada penelitian ini adalah kecepatan tumbuh perkecambahan biji jagung. Teknik pengolahan dan analisis data mencari nilai rata-rata kecepatan perkecambahan biji jagung pada tiap perlakuan dan membandingkan hasil antara satu perlakuan dengan perlakuan yang lain. Penelitian dilakukan selama 5 hari.

Tanah bertekstur pasir sangat mudah diolah, media ini memiliki aerasi (ketersediaan rongga udara) dan drainase yang baik, namun memiliki luas permukaan kumulatif yang relatif kecil, sehingga kemampuan akar kecambah menembus tanah bertekstur pasir sangat mudah dan menyebabkan pertumbuhan kecambah sangat cepat

Begitulah contoh abstrak makalah

Terima kasih telah membaca hingga akhir, jika ada yang hendak didiskusikan atau ditanyakan mengenai cara menulis dan contoh abstrak silahkan mengisi di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *