Kumpulan Contoh Cerpen Persahabatan yang Harus Kamu Baca! Nyesel Jika Tidak

Contoh Cerpen Persahabatan – Materi tentang cerita pendek alias cerpen pernah kami bahas secara khusus di artikel sebelumnya, dimana materi tersebut berisi mengenai pengertian cerpen, ciri-ciri, struktur cerpen, unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen, dan fungsinya. Sehingga disini kami hanya fokus tentang contoh cerpen persahabatan singkat saja.

Tips Cara Membuat Cerpen Tentang Sahabat

Untuk menentukan unsur intrinsik yang ada pada cerpen dibawah, perlu diketahui unsur intrinsik cerpen yaitu:

  1. Tema: gagasan utama yang menjadi dasar cerita jalannya cerpen.
  2. Alur : tahapan urutan jalannya cerita pendek. Mulai dari perkenalan, konflik, klimaks, penyelesaian.
  3. Setting: meliputi latar/tempat, waktu, suasana yang terlihat cerita pendek.
  4. Tokoh: pelaku yang ada dalam cerita pendek. Setiap tokoh mempunyai watak tersendiri.
  5. Penokohan: sifat dari tokoh yang tercermin dari perilaku, sikap, ucapan, pikiran,dan pandangannya terhadap suatu hal dalam cerita.
  6. Sudut Pandang: cara pandang yang digambarkan oleh pengarang dalam suatu kejadian yang terjadi dalamnya.
  7. Pesan Moral: pesan moral yang disisipkan pengarang dalam cerpen supaya pembaca dapat menyerap pesan di dalamnya

Setelah mengetahui unsur-unsur diatas, kamu dapat menganalisa beberapa contoh cerpen persahabatan di bawah ini. Cerpen di bawah ini meliputi cerpen persahabatan sejati saat sd, smp dan sma, dan cerpen persahabatan dan cinta, cerpen tentang persahabatan di sekolah.

Contoh Cerpen Persahabatan Sejati

Aku Virda, aku beruntung mempunyai sahabat yang selalu ada untukku, kami melewati suka duka bersama. Suatu ketika aku dan sahabatku bertengkar karena masalah yang kuanggap sepele, semua itu baru kusadari bahwa sahabatku sangat penting bagiku.

Suatu hari aku pergi ke mall bersama sahabatku, aku menyuruhnya membawa belanjaanku, dan ternyata belanjaanku yang dibawanya tertinggal. Saat itu juga aku marahi dia dengan perkataan yang kasar karena keegoisanku.

“Vir, tolong pegang belajaan ku ini ya, soalnya berat banget” Kataku.

“Iya sini aku bantu bawa belanjaannya, takut kamu keberatan” Katanya.

“Siap, kamu memang sahabatku yang paling pengertian” Jawabku.

“Haha iyalah sesama sahabat memang seharusnya saling membantu” Jawabnya sambil tersenyum. Sembari berpelukan.

“Kamu lapar ngga?” Tanyanya

“Lapar si, mulai keruyukan nih perut” Jawabku.

“Makan yuk! sekarang aku yang traktir, aku juga lapar” Sambil menatapku dengan lemas.

“Hmm ya sudah ayoo” Jawabku.

Lalu sampailah kami di warung seberang mall.

“Kamu mau pesan apa vir?” Tanyanya.

“Aku ngikut kamu deh” Jawabku.

“Hmm oke deh” Jawabnya.

Beberapa menit kemudian kami selesai makan dan mulai berkendara untuk pulang.

“Eh.. kayaknya ada yang ketinggalan deh, tapi apa ya?” Tanyanya dengan muka yang heran.

“Hmm apa ya?” Aku membantu berpikir.

“Oh iya belanjaanku mana? Celetukku.

“Ya ampun.. oh iya aku lupa, ketinggalan di warung tempat kita makan tadi” Jawabnya dengan rasa bersalah

“Apa? Ketinggalan? Yang bener aja, kita kan udah jauh dari warung tempat kita makan tadi” Jawabku dengan kesal.

“Duh, maaf banget ya vir, aku benar-benar lupa” Jawabnya dengan berkeringat.

“Apa? minta maaf? kamu pikir dengan minta maaf bisa membuat barangku kembali dan masalah selesai? Enggak kan? Seenaknya aja kamu minta maaf” Jawabku dengan kesal, lalu tanpa basa basi aku pergi meninggalkannya.

Keesokan hari, dia datang membawa belanjaanku dan meminta maaf karena kejadian kemarin, tetapi aku tetap menghiraukan nya. Maka setelah beberapa lama lama, aku sadar bahwa hal yang aku lakukan adalah sebuah kesalahan, dan aku tersadar betapa egoisnya diriku. Akupun meminta maaf.

Contoh Cerpen Persahabatan SMP

Aku merasa sangat bahagia memiliki 3 orang sahabatku, mereka adalah Nisa, Olga dan Tania. Kami bersahabat sejak kami kelas 6 SD sampai kelas 3 SMP. Kami menamai persahabatan kami “TTJ”. Mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu “TTJ” tapi itu sudah menjadi rahasia kami berempat. Kelompok kami sangat populer di sekolah selain itu kami juga dikenal sebagai group yang paling eksis. Persahabatan kami terasa sangat lengkap karena kami memiliki karakter yang berbeda – beda. Pertama Nisa, dia adalah cewek yang cantik tapi bersifat sedikit kekanak-kanakan. Nisa merupakan ketua group, dia suka warna hijau dan Nisa itu termasuk sahabat yang paling dekat denganku. Kedua Olga, dia adalah cewek yang bawel, suka marah-marah gak jelas dan dia sangat suka warna ungu. Ketiga Tania, dia adalah cewek yang feminim, suka dandan dan sedikit bawel. Dan yang terakhir adalah aku. Aku termasuk cewek yang tomboi, cuek dan aku paling suka warna biru.

Kami selalu bersama dalam suka dan duka . Bagiku mereka sudah seperti saudara yang tak tergantikan dengan apapun. Tapi saat yang paling membuatku merasa sangat terluka yaitu saat aku harus berpisah dengan mereka . Saat itu kami sudah selesai manjalankan Ujian Nasional dan tinggal menunggu pengumuman.

“Hai Nen…”sapa Nisa. “Halo Nis, aku gak nyangka ya sebentar lagi kita akan lulus SMP dan masuk ke SMA” jawab ku sambil tersenyum.

“Iya dong bentar lagi kita akan pake seragam putih abu-abu. Oh….. ya kita akan tetap bareng-bareng terus kan? “tanya Nisa.

“Pasti dong…”tiba-tiba saja Olga datang dan langsung memotong pembicaraan kami. Olga datang bersama Tania dan langsung bergabung dengan kami .

 “Pokoknya kita akan terus bersama-sama kalau perlu sampai kita kuliah nanti dan persahabatan kita akan tetap bersama selalu.”sambung Tania.

 “Bener banget seperti biasa, kita akan menyabet semua rangking lima besar. Iya kan guys…”ucap Nisa.

 “Ya dong…” semuanya menjawab dengan serentak, kecuali aku. Aku hanya terdiam dan berpikir tentang kata-kata yang diucapkan oleh Nisa.

 “Nen, kamu kenapa? Kok  bengong sihh?” tanya Olga yang membuatku kaget.

“Hahhh…mmhh aku gak apa-apa kok!” sahut ku.

Contoh Cerpen Persahabatan SMA

“Sebut saja Tian. Dia adalah gadis yang sangat pemalu dan tidak percaya diri. Untuk berbicara di hadapan teman-teman sekelasnya saja dia tidak bisa. Namun, ketika ia telah duduk dibangku SMA, dia mendapatkan teman-teman yang sangat luar biasa, menurutnya. Dan dia menemukan pula seorang sahabat, sebut saja  Zahra. Sahabatnya Zahra adalah tipikal orang yang aktif baik dalam berbicara maupun tindakannya. Mereka seolah ditakdirkan bertemu untuk saling mengisi kekurangan satu sama lain.

Pada waktu itu ada perekrutan pengurus osis, Zahra mengajak Tian untuk masuk menjadi pengurus osis. Namun Tian merasa tidak mampu sebab dia bukanlah orang yang percaya diri, namun berkat dukungan dari Zahra, Tian-pun bersedia untuk masuk kedalam organisasi tersebut. Dan setahun setelahnya Tian mampu menjadi Ketua Osis disekolahnya, dan Zahra menjadi wakil ketua osisnya.

Hal ini dirasakan Tian sebagai sebuah keberuntungan untuk bertemu dengan sahabatnya Zahra, yang selalu ada disaat apapun dia memmbutuhkannya, begitu pula sebaliknya. Disamping bimbingan dari guru dan dukungan dari teman-temannya yang lain.”

Demikianlah contoh cerpen persahabatan, semoga dapat menginspirasi teman-teman. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar ya. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *