Panduan Paling Lengkap Proposal 17 Agustus

contoh proposal 17 agustus
source : pixabay.com

Halo teman-teman, sedang mencari contoh proposal 17 Agustus ya? Saya tebak mungkin sebentar lagi akan menyelenggarakan acara 17-an bukan?

Kenapa saya bisa tahu? 

Karena saya juga pernah mengalami hal yang sama seperti kamu saat ini hehehe. Sedikit cerita, saya juga pernah aktif di pengurus OSIS dan Karang Taruna. Jadi untuk pengetahuan tentang membuat dan contoh proposal 17 Agustus lumayan lah hehe. 

Dan untuk memperkuat dugaan saya bahwa kamu sedang mencari contoh proposal 17 Agustus saya temukan bukti berupa grafik di bawah ini 

contoh proposal 17 agustus
source : neilpatel.com

Dapat dilihat pada bulan Juli hingga Agustus pencarian contoh proposal 17 Agustus memiliki nilai yang tinggi dibandingkan pada bulan lainnya.

Ini menunjukkan bahwa banyak orang yang mencari contoh proposal 17 Agustus. Oleh karena itu saya disini hendak berbagi dengan teman-teman mengenai proposal 17 Agustus.

Dan… selamat kamu beruntung sudah masuk ke tempat yang benar. Disini saya akan berbagi tips dan pengalaman saya seputar membuat proposal 17 Agustus. 

Yuk simak ulasan saya di bawah ini.  

Mengapa Proposal Penting?

Menurut KBBI, pengertian proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Yang dimana proyek itu belum disetujui oleh pemimpin proyek.

Baca juga : Pengertian Proposal

Jadi mengapa proposal itu penting? Karena dalam menyelenggarakan acara apa pun itu perlu rencana, agar jelas dan sistematis tentang rancangan acara yang akan dikerjakan.

Dan tujuannya yaitu disetujui oleh pimpinan, dalam proposal 17 Agustus kita akan meminta persetujuan dari pembina karang taruna dan ketua RT dan pembina OSIS dan kepala sekolah.

Karena kita menyelenggarakan acara tersebut juga merupakan tanggung jawab dari pimpinan.

Sebagai tambahan, teman-teman juga akan mendapatkan dana untuk mengadakan 17-an. Atau jika ternyata dana yang diberikan kepada teman-teman belum mencukupi, teman-teman bisa juga membuat proposal sponsorship untuk mencukupi pengeluaran acara.

Baca juga : Contoh Proposal Sponsorship

Intinya, dalam mencari dana acara jangan hanya mengandalkan dana dari sekolah ataupun RT, namun carilah dari sumber lain. Kas OSIS atau Karang Taruna misalnya hehehe.

Tapi saran saya jangan pergunakan uang kas jika sifatnya tidak penting dan mendesak.

Hal-hal yang harus diperhatikan

contoh proposal 17 agustus, penting
source : pixabay.com

Saya kasih tahu cara mudah dan sederhana bagaimana caranya proposal 17 Agustus yang pasti ditanda tangani oleh Ketua RT maupun Kepala Sekolah.

Caranya adalah teman-teman cukup dengan mengedit dan mencontoh proposal 17 Agustus pada tahun sebelumnya. Simpel bukan? Pasti diterima dong, tahun kemarin saja begitu juga bisa diterima

.

Tapi apakah begitu yang dinamakan belajar membuat proposal?

Apakah teman-teman akan mendapatkan esensi dari proposal tersebut?

Saya tekankan pada bagian ini karena ini akan menjadi mindset atau pola pikir dari teman-teman dalam membuat proposal.  Jika teman-teman sudah paham, boleh lah untuk selanjutnya teman-teman bisa melakukan hal yang di atas tadi.

Nah pada hal-hal yang harus teman-teman perhatikan ada dua, yaitu pada proposal dan pada teknis. Pada proposal perhatikan baik-baik tentang isi dan sistematisasi. Sedangkan pada teknis, yaitu hal-hal yang di luar proposal. Lengkapnya ada di bawah ini.

Pada Proposal

Cover proposal

Penting banget nih, ibaratnya baju teman-teman. Kalau tidak ada maka akan terlihat ‘telanjang’ dan tidak sopan. Proposal akan menarik jika didepan diberi cover sebelum masuk ke dalam isi proposal.

Sebagian besar orang pun bisa menilai kesungguhan teman-teman dengan melihat melalui covernya. Jika sungguh-sungguh maka cover akan dibuat sebagus dan menarik mungkin. Beda dengan jika cover seadanya atau yang lebih parah tanpa cover.

Dan berhubung temanya tentang 17 Agustus, maka sebisa mungkin covernya berhubungan dengan 17-an. Baik itu logo dan desain cover.

Seperti ini misalnya.

contoh proposal 17 agustus
source : shonybabagi.blogspot.com

Formatnya seperti gambar di atas. Cukup mengubah logo, nama instansi, dan tahun. Desain berbeda pun boleh, mungkin teman-teman ingin mengubahnya. Yang penting sudah tercantum nama proposal dan instansi, logo, dan tahun.

Pendahuluan

Seperti pada umumnya pendahuluan, pola tulisan yang diterapkan yaitu dari umum ke khusus (paragraf deduktif).

Contohnya, teman-teman mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan sampai ke acara 17-an dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga : Panduan Lengkap Membuat Proposal

Tujuan Kegiatan

Pada tujuan kegiatan pada umumnya seputar persatuan, solidaritas, menjalin silaturahim, menghormati jasa para pahlawan, memeriahkan hari kemerdekaan, dan sportifitas dalam berprestasi.

contohnya seperti ini :

  • Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan generasi muda dan antar warga atau antar siswa.
  • Memaknai Kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dengan menjalin keakraban, persatuan, dan kesatuan.
  • Menjalin silaturrahmi, keakraban, dan kebersamaan antar warga masyarakat
  • Menanamkan nilai-nilai budaya luhur Bangsa Indonesia pada kehidupan masyarakat.
  • Mengembangkan budaya toleransi, gotong-royong, dan saling membantu.
  • Menciptakan keharmonisan di dalam masyarakat wilayah tertentu.
  • Meningkatkan jiwa sportifitas dalam meraih prestasi.
  • Untuk mendorong rasa bangga dan cinta tanah air.

Untuk tema kegiatan bisa dicantumkan bisa juga tidak dicantumkan. Biasanya tema kegiatan nanti akan ditampilkan di banner, spanduk, atau perlengkapan kegiatan lainnya.

Peserta

Peserta adalah sasaran kegiatan yang ikut serta dalam acara 17-an.

Contohnya jika untuk di sekolah, maka pesertanya adalah siswa-siswi sekolah tersebut. Jika untuk di karang taruna, maka pesertanya adalah seluruh warga pada wilayah tersebut. Baik se-RT, sekecamatan, dll.

Waktu dan Tempat

contoh proposal 17 agustus, waktu
source : pixabay.com

Estimasi atau perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara. Bisa dilihat dari susunan acara yang direncanakan.

Yang dimaksud perkiraan yaitu se-realistis mungkin. Jangan buat waktu acaranya terlalu disempitkan ataupun diluaskan. Misal waktu yang dibutuhkan 2 hari sesuai dengan susunan acara, tetapi teman-teman menuliskan selama 4 hari.

Kan kelamaan, jadi tidak sesuai dengan acaranya.

Untuk tempat acara, bisa diadakan di lingkungan sekitar.

Susunan Panitia

Susunan panitia bisa dilampirkan terpisah jika banyak sekali nama yang dicantumkan. Cukup ditulis pada proposal yaitu terlampir.

Atau cukup dengan menuliskan jabatan yang penting saja. contohnya seperti ini.

  • Pelindung                 : (Pembina OSIS atau Karang Taruna)
  • Penanggung Jawab : (Ketua RT/RW/Kelurahan atau Kepala Sekolah)
  • Ketua                          :
  • Wakil Ketua              :
  • Sekretaris                  :
  • Bendahara                :
  • Seksi Acara               :
  • Seksi Perlengkapan :
  • Seksi Dokumentasi :
  • Seksi Keamanan      :
  • Seksi Konsumsi       :
  • Dan Seksi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Susunan Acara

Apabila susunan acara jadwal acara yang direncanakan sedikit bisa di tulis langsung. Namun apabila rencana acaranya banyak, alangkah baiknya ditulis secara terlampir.

Agar proposal tampak rapi dan bagus. Karena susunan acara kemungkinan bisa berlembar-lembar. Alangkah lebih profesional dilampirkan.

Anggaran Dana

contoh proposal 17 agustus
source : pixabay.com

Sama halnya seperti susunan acara, lebih baik ditulis secara terlampir.

Yang perlu diperhatikan dalam anggaran dana, usahakan dana pemasukan sama dengan dana pengeluaran. Agar jelas dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acaranya.

Apabila dari pihak sekolah maupun RT/RW telah menyediakan anggaran dengan jumlah tertentu, sedangkan pengeluaran yang telah direncanakan jumlahnya kurang dari pemasukan. Teman-teman dapat menulis sisa dana pemasukan menjadi lain-lain.

Contohnya seperti ini :

Dana Pemasukan :

Alokasi dana dari sekolahRp.     250.000

Dana  Pengeluaran :

Bendera merah putih 3 meter4buahRp.   25.000Rp.     100.000
Perlengkapan hadiahRp.     100.000
Lain lainRp.       50.000

Hanya untuk jika dana pemasukan dan pengeluaran tidak sebanding, tetapi tetap sebisa mungkin untuk sama antara pemasukan dan pengeluaran.

Kenapa?

Agar lebih profesional tentunya, artinya teman-teman dapat menganggarkan dana dengan baik jika hasil dana pengeluaran sama dengan pemasukan.

Bagaimana jika pengeluaran ternyata melebihi dari anggaran dana yang diberikan? Tentu teman-teman harus cari tambahan dana agar dapat mencukupi kebutuhan acara.

Bisa dengan urunan/patungan dari siswa tiap kelas, anggota remas, berjualan dengan hasil keuntungan dipergunakan untuk menutupi pengeluaran acaranya,  atau membuat proposal sponsorship.

Baca juga : Cara Membuat Proposal Sponsorship.

Atau jika memang masih belum bisa menutupi pengeluarannya, bisa dikurangi atau dihilangkan pengeluaran yang sekiranya tidak perlu atau ada diantara teman-teman punya barang yang bisa dipinjam. Misalkan ATK atau peralatan lomba-lombanya.

Ini saran yang paling akhir ya, saat benar-benar mendekati hari-h dan perlengkapan acara belum ada, bisa gunakan uang kas bendahara. Dengan catatan memang kebutuhannya penting dan mendesak.

Karena uang kas bendahara memang fungsinya untuk keperluan yang penting dan mendesak.

Penutupan

Biasanya diisi dengan ucapan terima kasih, meminta dukungan baik moril dan materi, dan harapan tercapainya kesuksesan acara 17-an.

Contohnya seperti ini :

Demikian contoh proposal 17 Agustus kami sampaikan bertujuan dapat diketahui pihak-pihak yang terkait. Partisipasi, kerjasama, dan bantuan dari berbagai pihak sangat kami harapkan demi suksesnya acara ini.

Harapan kami ke depan semoga dengan diselenggarakan kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan mempererat persatuan.

Atas perhatian dan kerjasamanya Bapak / Ibu / Saudara kami ucapkan banyak terima kasih.

Lembar Pengesahan

contoh proposal 17 agustus
source : pexels.com

Lembar pengesahan adalah bukti bahwa proposal 17 Agustus disetujui dan dapat dilaksanakan.

Pada Teknis

Gimana sih cara membuat proposal yang baik dan benar? Mulai dari pra-propsal sampai pasca-proposal?

Terus cara meminta tanda tangan kepada kepala sekolah atau ketua RT yang baik itu bagaimana? Teman-teman bisa klik di link ini.

Baca juga : Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Dibawah ini saya lampirkan contoh proposal 17 Agustus

Contoh Proposal 17 Agustus Sekolah

I.  Pendahuluan

Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan hadiah tetapi rahmat dari Allah Yang Maha Kuasa melalui perjuangan yang gigih para pahlawan kita dari mulai penjajahan Belanda sampai jaman Jepang yang puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945. Dimana pada waktu itu para pahlawan kita memberitahukan kepada dunia bahwa telah lahir suatu negara atas perjuangan para pahlawan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka, sebagai generasi muda bangsa Indonesia sudah sepatutnya kita mengenang jasa-jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dan mengisi kemerdekaan itu dengan melakukan hal-hal yang positif yang dapat menumbuhkan wawasan kebangsaan.

Maka dari itu, kami akan mengadakan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia Republik Indonesia yang ke 69 bagi siswa / siswi SMAN 1 Cilegon dengan tema “Merdeka Ceria”.

II. Dasar Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan dengan berdasarkan :

  1. Pancasila sila ke-3, “Persatuan Indonesia”
  2. Program kerja yang selalu diadakan tiap tahunnya

III. Maksud dan Tujuan Kegiatan

Maksud

Maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME dan kegembiraan dalam menyambut Hari UlangTahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 pada tanggal 17 Agustus 2014.

Tujuan

Adapun tujuan peringatan HUT RI ini adalah :

  1. Memeriahkan dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia agar tidak terlupakan oleh siswa-siswi.
  2. Untuk mengembangkan kreatifitas yang dimiliki siswa-siswi SMAN 1 Cilegon
  3. Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi Indonesia.
  4. Untuk memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba diantara siswa – siswi.
  5. Untuk meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi.
  6. Untuk belajar contoh proposal 17 Agustus

IV. Manfaat Kegiatan

Adapun manfaat yang didapat dari mengikuti kegiatan ini adalah :

  1. Kita dapat memiliki kegiatan positif untuk memperingati HUT RI.
  2. Dapat mempererat tali silaturahmi dan rasa kebersamaan antar siswa.
  3. Untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

V. Pelaksaan Kegiatan

Hari                 : Senin

Tanggal           : 17 Agustus 2014

Waktu             : 07.00 s/d selesai

Tempat            : Lapangan dan Aula SMAN 1 Cilegon

VI. Susunan Acara

contoh proposal 17 agustus

Adapun bentuk kegiatan yang akan kami laksanakan dalam kegiatan ini adalah :

  1. Peserta akan mengikuti lomba secara individu dan kelompok
  2. Setiap kelompok terdiri dari 10 orang, yang terdiri dari 5 siswa dan 5 siswi

Berikut adalah daftar lomba yang akan dilaksanakan :

  1. Lomba balap kelereng (individu)
  2. Tarik tambang (kelompok)
  3. Lomba makan kerupuk (individu)
  4. Lomba melukis (individu)
  5. Lomba bakiak (kelompok)
  6. Lomba menyanyi (individu)

VII.       Peserta Kegiatan

Kegiatan ini diikuti oleh warga atau siswa SMAN 1 Cilegon

VIII.    Susunan Panitia

1.Ketua:Milzam Fakhran
2.Wakil Ketua:Bambang
3.Sekertaris:Siti Zaenab
4.Bendahara:Devita Widyasari
5.Seksi Acara:Rachael Fira
Dela Latifa
Yulia Gita
Amelia Rahmawati
6.Seksi peralatan:Nanang Setyawan
Wildan Fahkran
Wisam Jaya Nugraha
Contoh proposal 17 Agustus
7.Seksi Konsumsi:Andhika Kartika Rahayu
Fadilla Rizky
Hilda Izzatul
Contoh proposal 17 Agustus
8.Seksi Keamanan:Ramdani Ade
Rizky Romdona
Dimas Nur Bagaskara
Contoh proposal 17 Agustus
9.Seksi Dokumentasi:Ayu Indah
Anggi Ayu
Anita Yunia
Contoh proposal 17 Agustus
10.Seksi Kebersihan:Kelvin
Raden Ayu
Contoh proposal 17 Agustus
Contoh proposal 17 Agustus

IX. Anggaran Biaya

1.Perlengkapan LombaRp300.000,-
2.Dekorasi dan DokumentasiRp200.000,-
3.Konsumsi panitia 28 orang @ Rp 20.000,-Rp560.000,-
4.Hadiah Lomba Contoh proposal 17 AgustusRp600.000,-
JUMLAHRp1.660.000,-

X. Sumber Dana

1.Iuran kelas (40 kelas) @ Rp 50.000,-Rp2.000.000,-
2.Kas kegiatan sekolahRp300.000,-
JUMLAHRp2.300.000,-

XI. Penutup

Demikian proposal ini kami buat, semogaa apa yang kami lampirkan dapat diterima dan diberikan persetujuannya sesuai dengan apa yang kami harapkan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Cilegon, 5 Agustus 2014
Sekertaris,Ketua Panitia,
Siti ZaenabMilzam Fakhran
Mengetahui,
Pembina Osis,Kepala Sekolah,
Hj. FaridahH. Suryana
contoh proposal 17 agustus
source : pixabay.com

Contoh Proposal 17 Agustus Karang Taruna

PENDAHULUAN

Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu Dharma Bakti para perjuangan kemerdekaan yang telah mengorbankan jiwa raga dan harta untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka terlepas dari belenggu penjajahan.

Oleh karenanya, kita harus berbuat dan mengisi kemerdekaan yang telah dicapai dengan menempatkan segala sesuatunya secara adil dan proporsional. Demi terwujudnya cita – cita proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia Merdeka, yaitu terciptanya keadilan dan kemakmuran, kedamaian, dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Ke – 71 Republik Indonesia, Kami warga RW. 03 / 01 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara bermaksud menyelenggarakan kegiatan SEMARAK HUT RI KE – 71.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Menanamkan rasa patriotisme dan bela Negara.
  2. Kebersamaan, menggalang rasa persatuan dan kesatuan antar warga.
  3. Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke – 71.

PESERTA

Kegiatan menyambut HUT RI Ke – 71 di ikuti oleh seluruh warga RW. 03 / 01 Kel. Sunter Agung.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Tanggal : 01 – 28 Agustus 2016

Tempat :  Kantor Sekretariat RW. 03 / 01 Kel. Sunter Agung

Lingkungan wilayah RW. 03 / 01 Kel. Sunter Agung

Waktu : Sesuai dengan jadwal kegiatan

JADWAL KEGIATANcontoh proposal 17 agustus

RENCANA ANGGARAN

Terlampir

SUSUNAN PANITIA

Terlampir

PENUTUP

Demikian contoh proposal 17 Agustus ini kami buat semoga kegiatan yang kami selenggarakan ini berjalan lancar dan mendapat ridho Allah SWT. Serta dengan dukungan dari berbagai pihak dan donatur yang tidak mengikat. Oleh karena itu, kami memohon bantuan serta dukungan dari Bapak / Ibu / Saudara agar kegiatan ini dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerjasamanya Bapak / Ibu / Saudara kami ucapkan banyak terima kasih.

LEMBAR PENGESAHAN

Jakarta, 10 Juli 2016

Ketua Panitia                                                           Sekretaris

 

T u g i m a n                                                         W a r s i m i n

Mengetahui,

Ketua RW. 03 / 01 Kel. Sunter Agung                               Lurah Sunter Agung

 

Sidik J Permana, S.E                                                          Andi Dirham S.Sos

RENCANA ANGGARAN

CATUR
Papan Catur Rp           50.0003Bh Rp          150.000
Air Mineral Rp             1.00050Botol Rp            50.000
Piala Rp         400.0001Set Rp          400.000
Hadiah Rp      1.000.0003Set Rp       1.000.000
Jumlah Rp     1.600.000
TENIS MEJA
Bola Tenis Rp           20.0005Slop Rp          100.000
Bed Tenis Rp           50.0004Bh Rp          200.000
Net Rp           50.0001Set Rp            50.000
Air Mineral Rp             1.000100Botol Rp          100.000
Spidol Rp             5.0003Bh Rp            15.000
Piala Rp         400.0001Set Rp          400.000
Hadiah Rp      1.200.0004Set Rp       1.200.000
Jumlah Rp     2.065.000
SEPEDA HIAS
Air Mineral Gelas Rp           20.0004Dus Rp            80.000
Bubur Kacang Ijo Rp         200.000 Rp          200.000
Gelas Sendok Plastik Rp           60.000 Rp            60.000
No. Peserta Rp             1.000200Pcs Rp          200.000
Door Price Rp      1.000.0001Set Rp       1.000.000
Jumlah Rp     1.540.000
JALAN SEHAT
Air Mineral Gelas Rp           20.00020Dus Rp          400.000
Bubur Kacang Ijo Rp         400.000 Rp          400.000
No. Peserta Rp             1.000500Lbr Rp          500.000
P3K Rp         200.0001Set Rp          200.000
Door Price Rp      2.000.0001Set Rp       2.000.000
Jumlah Rp     3.500.000
BALAP KARUNG (SPRINT & ESTAFET)
Karung Goni Besar Rp           10.00017Karung Rp          170.000
Air Mineral Gelas Rp           20.0005Dus Rp          100.000
Kapur Tulis Rp           15.0001Pack Rp            15.000
Hadiah Rp      1.500.0004Set Rp       1.500.000
Jumlah Rp     1.785.000
TARIK TAMBANG
Tambang Kapal Rp           30.00012Meter Rp          360.000
Sarung Tangan Rp           50.0005Lusin Rp          250.000
Cat & Kaos Rp         120.000 Rp          120.000
Air Mineral Gelas Rp           20.0005Dus Rp          100.000
Hadiah Rp      1.200.0003Set Rp       1.200.000
Jumlah Rp     2.030.000
PANJAT PINANG
3 Batang Pinang Rp         600.0003Batang Rp       1.800.000
Air Mineral Gelas Rp           20.0005Dus Rp          100.000
Hadiah Rp      3.000.0003Set Rp       3.000.000
Jumlah Rp     4.900.000
UPACARA BENDERA
Honor Marching Band Rp         500.0001Set Rp          500.000
Konsumsi Rp      1.000.000 Rp       1.000.000
Jumlah Rp     1.500.000
MALAM SENI BUDAYA
Panggung Rp         750.0001Set Rp          750.000
Sound System Rp         600.0002Set Rp          600.000
Lighting Rp         600.0003Set Rp          600.000
Decorasi Panggung Rp         500.0004Set Rp          500.000
Konsumsi Hotab Rp             5.000100Box Rp          500.000
Konsumsi VIP Rp         300.0001Set Rp          300.000
Jumlah Rp     3.250.000
DOKUMENTASI
Foto / Video100000 Rp          100.000
Jumlah Rp        100.000
KESEKRETARIATAN
Administrasi5000001Set Rp          500.000
Spanduk / Banner5000001Set Rp          500.000
Jumlah Rp     1.000.000
KAOS PANITIA 5 LUSIN Rp     3.000.000
TOTAL BIAYA HUT RI KE – 71 Rp   26.670.000

SUSUNAN PANITIA 

  • Pelindung : Andi Dirham S.Sos
  • Penanggung Jawab : TB. Sidik J. Permana
  • Ketua : Tugiman
  • Wakil Ketua : Supardi
  • Sekretaris 1 : Warsimin
  • Sekretaris 2 : Sutarmo
  • Bendahara 1 : Sumarno Hadi Susilo
  • Bendahara 2 : Safrudin
  • Seksi Lomba : Contoh proposal 17 Agustus
  1. Seksi Pentas Seni Semarak HUT RI Ke – 71
  • Iyus

Seksi Catur

  • Purwadi
  • Suryo Winata
  1. Seksi Tenis Meja
  • Halim
  • Iyus
  1. Seksi Sepeda Hias
  • Sunsheda Hariyani
  • Dina Sri Sulistiana
  • Penny R
  1. Seksi Jalan Sehat
  • Safrudin
  • Mardi W
  1. Seksi Balap Karung
  • Sutarmo
  • Contoh Proposal 17 Agustus
  1. Seksi Tarik Tambang
  • Warsimin
  • Karta Atmaja
  • Hasyim
  1. Seksi Panjat Pinang
  • Sumarno Hadi Susila
  • Suparman
  • Tumpal Sitompul
  1. Upacara Bendera
  • Adha Iskandar
  • Nawi
  1. Perlengkapan
  • Tamin Setiawan
  • Darma S
  1. Seksi Keamanan
  • Danton
  • Linmas Keamanan RW. 03 / 01
  1. Seksi P3K
  • Sugiono
  • Ahmad Faizal
  1. Seksi Dokumentasi
  • Adha Iskandar
  • Herdyanto
  • Inggit
  1. Seksi Konsumsi
  • PKK RW. 03 / 01
  1. Koordinator Lomba
  • Faisal Amin
  1. Koordinator Pentas Seni
  • Iyus

 

Bagaimana teman-teman? sudah paham dan siap untuk membuat dengan contoh proposal 17 Agustus? Semoga bermanfaat.

Jika ada yang ingin didiskusikan bisa diisi di kolom komentar di bawah ini ya, terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *