√ Penjelasan Terlengkap Macam-Macam Bangun Datar (Pengertian, Rumus, Gambar)

Macam-Macam Bangun Datar Matematika itu seru lho! Dengan kamu mempelajari matematika kamu dapat mengenal berbagai bentuk bangun datar yang ada di sekitar kita contohnya. Dan banyak contoh pada hal-hal lainnya. Yuk kita mengenal lebih dalam apa aja sih bangun datar yang ada pada pelajaran matematika, simak sampai selesai ya.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, alangkah baiknya menonton video menarik di bawah ini, mudah dipahami buat kamu yang suka dan nyaman belajar dengan menonton video ini.

Nah sudah menonton? penjelasan selanjutnya lebih detail tentang trapesium, dan pembahasan soal yang menambah wawasanmu.

Bangun Datar Persegi

bangun datar, bangun persegi, persegi

Persegi atau dalam bahasa inggris yaitu square adalah bangun datar 2 dimensi yang dibentuk oleh 4 buah rusuk yang memiliki sama panjang dan memiliki 4 buah sudut yang masing-masing adalah sudut siku-siku. Bangun datar persegi disebut juga sebagai bujur sangkar.

Rumus Persegi

Rumus luas persegi = s x s = s2 ( Luas = 1/2 x diagonal (d) 1 x diagonal (d) 2, ‘sudah dibuktikan’ )

Rumus keliling persegi = s + s + s + s = 4 x s

dengan s = panjang sisi persegi

Bangun Datar Persegi Panjang

bangun datar, bangun persegi panjang, persegi panjang

Persegi panjang atau dalam bahasa Inggrisnya adalah rectangle merupakan bangun datar 2 dimensi yang dibentuk oleh 2 pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya. Persegi panjang memiliki 4 buah sudut yang semuanya adalah sudut siku-siku. Rusuk yang paling panjang disebut sebagai panjang dan rusuk yang pendek disebut juga sebagai lebar.

Rumus Persegi Panjang

Luas persegi panjang = p x l

p = Luas / lebar (l)

l = Luas / panjang (p)

Keliling persegi panjang = 2 x p + 2 x l = 2 x (p + l)

dengan p = panjang dari persegi panjang, dan l = lebar dari persegi panjang

Bangun Datar Segitiga

bangun datar, bangun segitiga, segitiga

Segitiga atau segi tiga yang dalam bahasa Inggris artinya triangle adalah nama suatu bentuk yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus dan tiga sudut. Jika dijumlah semuanya pada ketiga sudut segitiga pada bidang datar adalah 180º. Dengan seperti ini kita dapat menghitung besarnya sudut lain apabila 1 atau 2 sudut segitiga sudah diketahui

Bangun datar segitiga memiliki 3 macam bentuk, yaitu: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, segitiga sembarang.

Rumus Segitiga

Luas segitiga = 1/2 x a x t

dengan a merupakan panjang dari alas segitiga dan t merupakan tinggi dari segitiga

Panjang dari sisi miring segitiga siku-siku dapat ditemukan dengan menggunakan rumus Phytagoras (A2 + B2 = C2)

Keliling segitiga = sisi a + sisi b + sisi c

Macam-macam bangun datar

Bangun Datar Jajar Genjang

bangun datar, bangun jajar genjang, jajar genjang

Jajar genjang atau jajaran genjang memiliki arti pada bahasa Inggrisnya adalah parallelogram merupakan bangun datar dengan 2 dimensi yang dibentuk oleh 2 pasang rusuk yang masing-masing memiliki panjang yang sama dan sejajar dengan pasangannya, serta memiliki 2 pasang sudut yang masing-masing besarnnya sama dengan sudut yang ada di hadapannya. Jajar genjang dengan 4 rusuk yang sama panjang disebut belah ketupat.

Rumus Jajar Genjang

Luas jajar genjang = a x t

dengan a = panjang alas dari jajar genjang, dan t = tinggi dari jajar genjang

Keliling jajar genjang = 2 (sisi miring + sisi alas)

Kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang jajar genjang sampai contoh soal dan pembahasannya dengan mengklik jajar genjang

Macam-macam bangun datar

Bangun Datar Trapesium

bangun datar, bangun trapesium, trapesium

Trapesium adalah bangun datar 2 dimensi yang dibentuk oleh 4 buah rusuk dengan 2 rusuk diantaranya saling sejajar namun tidak sama panjang. Bangun datar trapesium adalah jenis bangun datar segi empat. Trapesium yang rusuk ketiganya memiliki tegak lurus terhadap rusuk-rusuk sejajar disebut juga trapesium siku-siku.

Rumus Trapesium

Luas = 1/2 x (s1 + s2) x t

dengan s1 dan s2 adalah sisi-sisi yang sejajar pada trapesium dan t adalah tinggi dari bangun datar trapesium

Kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang bangun datar trapesium sampai contoh soal dan pembahasannya dengan mengklik trapesium

Macam-macam bangun datar

Bangun Datar Layang-layang

bangun datar, bangun layang-layang, layang-layang

Layang-layang atau dalam bahasa Inggrisnya adalah kite merupakan bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh 2 pasang rusuk yang masing-masing pasangannya panjangnya sama dan saling membentuk sudut. Layang-layang yang memiliki keempat rusuk yang sama panjang disebut belah ketupat.

Rumus Layang-layang

Luas = 1/2 x diagonal (d) 1 x diagonal (d) 2

Kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang bangun datar layang-layang sampai contoh soal dan pembahasannya dengan mengklik layang-layang

Macam-macam bangun datar

Bangun Datar Belah Ketupat

bangun datar, bangun belah ketupat, belah ketupat

Belah ketupat atau dalam bahasa Inggrisnya adalah rhombus merupakan bangun datar 2 dimensi yang dibentuk oleh 4 buah rusuk yang sama panjang, serta memiliki 2 pasang sudut yang bukan siku-siku dengan masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya. Belah ketupat dapat dibangun dari 2 buah segitiga sama kaki yang identik yang simetri pada alas-alasnya.

Rumus Belah Ketupat

Luas = 1/2 x diagonal (d) 1 x diagonal (d) 2

Kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang bangun datar belah ketupat sampai contoh soal dan pembahasannya dengan mengklik belah ketupat.

Macam-macam bangun datar

Bangun Datar Lingkaran

bangun datar, bangun lingkaran, lingkaran

Dalam geometri Euklid, sebuah lingkaran adalah himpunan semua titik pada bidang dalam jarak tertentu, yang disebut jari-jari, dari suatu titik tertentu, yang disebut pusat. Lingkaran merupakan contoh dari kurva yang tertutup sederhana, yaitu membagi bidang menjadi bagian dalam dan bagian luar.

Lingkaran merupakan bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran dengan mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. jarak tersebut dinamakan radius dengan simbol (r) atau bisa disebut juga jari-jari.

Rumus Lingkaran

Luas = π (phi) x (r) 2

= π x r2

Keliling lingkaran = π x d = 2 x π x r

dengan π (phi) adalah 3,14 atau 22/7 dan r adalah jari-jari dari lingkaran

Kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang bangun datar lingkaran sampai contoh soal dan pembahasannya dengan mengklik lingkaran

Macam-macam bangun datar

Demikian pembahan dari cakmaman mengenai macam-macam bangun datar, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *