Waspada! Inilah Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum kamu membaca artikel ini, yang perlu kamu pahami adalah kucing muntah adalah hal yang alamiah. Maksudnya bagaimana Seperti halnya dengan manusia, penyebab kucing muntah dikarenakan adanya ketidak cocokan dengan kondisi tubuh kucing. Sehingga tubuh bereaksi atas apa yang masuk ke dalam tubuh kucing.

Di dalam tubuh mamalia, sudah sewajarnya ada saluran untuk mengeluarkan hal yang tidak bermanfaat dan berbahaya, contohnya lewat mulut dengan cara memuntah isi yang ada di dalam perut.

Oke, mulai mengerti untuk kasus kucing muntah bukan? Ini hal yang alamiah pada makhluk hidup. Jadi tenanglah terlebih dahulu pada situasi seperti ini. Jika kamu panik maka keputusan dan tindakan yang dilakukan bisa ceroboh dan gegabah. Bisa jadi makin rumit kan situasinya.

Trus, bagaimana dengan muntahnya yang tidak wajar? Seperti keluar busa warna putih, keluar cacing, dan lain sebagainya. Bagaimana cara mengatasi penyebab kucing muntah seperti ini?

Penyebab Kucing Muntah

Pernah mendengar kata-kata seperti ini tidak?

Setiap ada sebab, pasti ada akibat

Jika sebabnya adalah kucingmu muntah, pasti ada penyebab kucing muntah bukan?

Oleh karena yuk kita kenali dan membahas satu per satu penyebab kucing muntah  dan cara menanganinya mulai dari yang ringan sampai yang berbahaya di bawah ini.

Muntah Bulu

Hairball atau muntah bulu merupakan kejadian yang wajar dan alamiah pada kucing.

Kamu pernah melihat kucing menjilat badannya sendiri (self grooming) ? Nah pada saat itu pula bulu kucing yang telah mati ikut terjilat dan menyangkut di lidah kucing setelah menjilati badannya.

Makan Terburu-buru dan Berlebihan

Penyebab kucing muntah yang ini cukup unik, bukan hanya manusia yang makannya terburu-buru dan berlebihan, kucing pun juga. Muntah yang ini adalah hal yang alamiah, biasanya kucing makan terburu-buru karena makan dengan kucing lainnya. Takut kehabisan makanan mungkin hehe.

Kamu dapat mencegah hal ini terjadi dengan membuat tempat makan masing-masing pada kucingmu. Sehingga kamu juga tidak repot-repot membersihkan muntahan kucingmu.

Alergi dengan Makanan

Seperti halnya terjadi pada manusia, kucing pun punya alergi terhadap makanan tertentu. Cara menghindari penyebab kucing muntah yang ini adalah dengan memberikan makanan yang bagus. Seperti makanan khusus kucing, ikan, dll.

Kalau kamu memberikan makanan lain coba cek dulu bahannya dari apa, dan jika kucingmu makan apakah akan dimuntahkan atau tidak. Jika dimuntahkan jangan kamu kasih makanan itu lagi.

Kucing Hamil

penyebab kucing muntah

Kalau muntah yang ini adalah berita baik, hehe. Artinya jumlah kucingmu akan bertambah. Seperti halnya manusia, ciri-ciri kucing hamil yaitu dengan muntah pada masa hamil.

Karena hormon estrogen pada kucing meningkat membuat cairan asam lambung pada perut kucing meningkat pula. Terkadang pula saat setelah selesai makan, kucing bisa mual dan muntah.

Mengonsumsi Benda Asing

Kamu punya kucing yang doyan menggigit benda asing seperti kertas, plastik, atau apapun benda yang berukuran kecil?

Ini juga dapat menjadi penyebab kucing muntah, kamu cukup jauhkan benda-benda asing tersebut jauh dari jangkauan kucingmu. Agar dia tidak menggigit atau bahkan sampai memakannya.

Diet Kucing yang Buruk

Perhatikan baik-baik dalam memberikan makanan yang bernutrisi kepada kucingmu. Apalagi saat kamu memberikan program diet pada kucingmu.

Jangan berikan makanan yang kualitas rendah bahkan buruk saat mendietkan kucingmu, berikan protein yang cukup.

Turunan atau Bawaan dari Induk

Penyebab kucing muntah yang ini bukan hal yang normal. Perlu kamu ketahui bahwa penyakit ini dikarenakan saat induk kucing hamil mengalami penyakit yang berdampak juga pada janinnya. Seperti terkena penyakit infeksi virus panleukopenia.

Pasca Operasi

Kucing setelah mengalami operasi terkadang akan mengalami muntah, ini hal yang normal dan tidak perlu khawatir berlebihan. Karena ini sebagai bentuk efek samping pasca operasi.

Sebaiknya kucing tetap dalam pengawasan dokter sampa keadaannya stabil dan sehat sehingga dapat kamu bawa kembali kerumah.

Keracunan

penyebab kucing muntah

Penyebab kucing muntah yang ini perlu menjadi perhatian khusus buat kamu yang suka atau sering membiarkan kucingmu berkeliaran di luar dan tanpa pengawasanmu.

Sebab jika kucingmu memakan ataupun meminum dengan ada kandungan berbahaya di dalamnya dapat membuat kucingmu muntah berbusa putih. Yang lebih berbahaya lagi jika sampai kucingmu mati akibat ini.

Jangan sampai terjadi ya, kasihan kucingnya.

Pengaruh Obat-obatan dan Toksin

Penyebab kucing muntah yang ini biasanya dikarenakan oleh kita yang kadang ceroboh hingga membuat kucing muntah karena terkena pengaruhnya. Seperti dengan penggunaan obat anti nyamuk misalnya

Ada juga beberapa obat lain seperti acetaminofen, ibuprofen, amfetamin. dan aspirin juga tidak bagus untuk kucing.

Infeksi Bronkial

Infeksi yang umum terjadi pada kucing yaitu infeksi bronkial. Infeksi ini terjadi di saluran pernapasan dengan gejala batuk, muntah, bersin, sulit bernapas, dan perubahan warna kulit menjadi biru.

Untuk mengatasinya selain menggunakan obat juga diberikan suplemen dan nutrisi yang baik.

Cacing pada Kucing (Parasit)

Parasit berupa cacing yang ada di dalam kucing dapat menjadi penyebab kucing muntah.

Mengapa bisa ada cacing dalam perut kucingmu?

Karena kucingmu memakan sesuatu benda asing yang bukan kamu yang memberikan. Masa iya kamu ingin kucingmu sakit, hehe.

Jika ada cacing yang terlihat pada muntahan kucing, kamu sebaiknya berikan obat cacing untuk menghilangkan cacing pada perut kucingmu. Jika masih belum sembuh, segera bawa ke dokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Penyakit

penyebab kucing muntah
catspecialist.com

Penyebab kucing muntah yang bisa dialami oleh kucing karena penyakit ini :

  • Muntah Berdarah. Kucing muntah disertai dengan darah, jika berwarna coklat gelap maka ada masalah pada ususnya, jika warna darah segar ada luka didalam salura pencernaan.
  • Muntah Cairan Empedu. Terjadi karena adanya radang pada pangkreas kucing atau inflasi usu. Cirinya yaitu kucing muntah dengan mengeluarkan cairan empdu berwarna hijau tua.
  • Muntah Cairan Kuning. Penyakit yang ini karena adanya penyakit pada hati kucing. Yang menyerang organ hati kucing.
  • Muntah Berlendir. Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan pada usus kucing sehingga keluar muntahan lendir berwarna kuning.

Solusinya bagaimana? Hal tersebut bukan hal yang dapat kamu atasi sendiri, segera bawa ke dokter sebelum terlambat.

Virus Panleukopenia

Penyakit ini sangat menular dan dapat membunuh kucingmu. Penularan virus ini dapat melalui cairan tubuh atau tinja kucing yang tertular, objek pembawa virus seperti selimut, piring, pakaian atau sepatu yang pernah bersentuhan dengan kucing yang terinfeksi.

Kamu perlu waspadai gejala penyakit ini, seperti rasa lesu, hilang nafsu makan, demam, dan muntah.

Ada baiknya untuk setiap kucing yang sehat diberi vaksin panleukopenia sebagai bentuk pencegahan.

Catat ya, ini adalah salah satu penyakit berbahaya pada kucing yang dapat membuat kucingmu mati dalam waktu kurang dari 24 jam (Wikipedia). Virus ini berupa cairan kuning dan mencret.

Simak juga penjelasan video di bawah ini supaya kamu makin paham

Sekian dari cakmaman.com semoga bermanfaat buat kamu para catlovers, terima kasih. Share ke temen-temen kamu juga yaa.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *