Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya

Biasanya kalau mengunjungi daerah yang sudah berbahasa Sunda pastinya kita merasa bingung karena tidak tahu makna percakapannya. Oleh karena itu, ketahui percakapan bahasa sunda dan artinya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut di bawah ini adalah contoh percakapan Bahasa Sunda dengan tema liburan, pendidikan, dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Percakapan Bahasa Sunda Tema Liburan

percakapan bahasa sunda dan artinya

beritagar.id

Jika Anda masyarakat baru di kota Bandung pastinya belum paham mengenai penggunaan bahasa Sunda, tentunya hal tersebut menyulitkan Anda berkomunikasi dengan teman. Anda dapat mempelajari percakapan bahasa sunda dan artinya tema liburan.

Percakapan Bahasa Sunda

Andi : Hei,tom. Naon wartos?

Tomi : Sae Andi. Kumaha anjeun liburan sakola ke manten

Andi : Abdi liburan ka penclut,Bogor.

Tomi : Tebih pisan? anjeun nginep di manten

Andi : Abdi sakantenan nginep di imah nini ditu

Tomi : Anjeun seneng liburan ditu

Andi : Seneng. Oh heueuh,anjeun liburan ke manten

Tomi : Abdi liburan ka Jawa ka imah wargi kuring ditu

Andi : Naon anu nu mawi nyenangkeun liburan ka Jawa?

Tomi : Aya seueur tempat wisata basisir disana anu sae pisan.

Andi : Seru pisan nya? abdi janten pengin liburan ka ditu.

Tomi : Ieu abdi gaduh ku-ku kanggo anjeun ti penclut.

Andi hatur nuhun nya tom. Abdi janten rumaos ngga raos ngaririweuh.

Tomi : Teu ko,sami-sami.

Andi : Abdi oge gaduh ku-ku baju basisir kanggo anjeun.

Tomi : Wah. Makasih nya Andi.

 

Percakapan bahasa sunda dan artinya:

Andi : Hei, tom. Apa kabar?

Tomi : Baik Andi. Gimana kamu liburan sekolah kemana?

Andi : Aku liburan ke puncak, Bogor.

Tomi : Jauh banget? kamu nginep dimana?

Andi : Saya sekalian nginep di rumah nenek disana.

Tomi : Kamu seneng liburan disana?

Andi : Seneng. Oh iya, kamu liburan kemana?

Tomi : Aku liburan ke Jawa ke rumah saudaraku disana.

Andi : Apa yang paling menyenangkan liburan ke Jawa?

Tomi : Ada banyak tempat wisata pantai disana yang bagus banget.

Andi : Seru banget ya? aku jadi pengin liburan ke sana.

Tomi : Ini aku punya oleh-oleh buat kamu dari puncak.

Andi : Terimakasih ya tom. Aku jadi merasa ngga enak merepotkan.

Tomi : Engga ko, sami-sami.

Andi : Aku juga punya oleh-oleh baju pantai buat kamu.

Tomi : Wah. Makasih ya And

Percakapan Bahasa Sunda Saat Belanja

percakapan bahasa sunda dan artinya

phinemo.com

Apabila Anda masih belajar bahasa Sunda untuk kehidupan sehari-hari maka percakapan bahasa sunda dan artinya bawah ini bisa menjadi  media belajar yang sangatlah mudah.

Percakapan Bahasa Sunda

Bu Lisa : Meser naon bu Ning?

Bu Ning : Ieu bu pilari sayuran kangkung,bayem,kacang,sarta sanes-sanes hoyong kanggo damel lalaban.

Bu Lisa : Hoyong damel lalaban damel pecel lele atawa hayam goreng bu?

Bu Ning : Hoyong masak pecel lele bu ieu. Bu Lisa hoyong masak naon?

Bu Lisa : Hoyong pilari sayuran hoyong damel rendang.

Bu Ning : Wah raos nya bu?

Bu Lisa : Heueuh soalna anak abdi ti Jakarta hoyong wangsul.

Bu Ning : Oh si Ani hoyong wangsul,atos sabaraha sasih teu wangsul nya.

Bu Lisa : Heueuh. Hayu ulin ka imah abdi bu. Sakantenan papanggih Ani teras nyicipin rendang damelan abdi.

Bu Nita : Wah,kenging bu antos nya.

Bu Lisa : Heueuh abdi antos nya.

 

Percakapan bahasa sunda 2 Orang dan artinya

Bu Lisa : Beli apa bu Ning?

Bu Ning : Ini bu cari sayuran kangkung, bayam, kacang, dan lain-lain mau buat bikin lalaban.

Bu Lisa : Mau bikin lalaban bikin pecel lele atau ayam goreng bu?

Bu Ning : Mau masak pecel lele bu ini. Bu Lisa mau masak apa?

Bu Lisa : Mau cari sayuran mau bikin rendang.

Bu Ning : Wah enak ya bu?

Bu Lisa : Iya soalnya anak saya dari Jakarta mau pulang.

Bu Ning : Oh si Ani mau pulang, sudah berapa bulan ga pulang ya.

Bu Lisa : Iya. Ayo main ke rumah saya bu. Sekalian ketemu Ani terus nyicipin rendang buatan saya.

Bu Nita : Wah, boleh bu nanti ya.

Bu Lisa : Iya saya tunggu ya.

Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya Kenalan di Jalan

percakapan bahasa sunda dan artinya

Bagi Anda yang baru tinggal di daerah Bandung kemudian bingung menanyakan alamat kepada orang lain? Ini dia contoh kalimat bahasa sunda dan artinya dalam percakapan yang akan membantu Anda dalam berkenalan dengan orang lain dijalan dengan tujuan untuk menanyakan tempat tujuan tentunya.

Percakapan Bahasa Sunda

Nita : Hapunten,kenging kuring pariksa arah nuju Jalan Cendrawasih kamana nya?

Yeni : Oh jalan Cendrawasih. Iasa langsung tunggang angkutan ti parapatan dieu. Menggah tunggang tumpakan pribadi iasa lempeng ti parapatan dieu teras mengkol kiwa lempeng teras.

Nita hatur nuhun nya mba.

Yeni : Sami-sami. Palay ka tempat manten si mba?

Nita : Palay ka bumi wargi. Nanging anyar mimiti janten ewed keneh.

Yeni : Oh jalan Cendrawasihnya nomer sabaraha?

Nita : Cendrawasih nomer 10.

Yeni : Oh menggah kitu deket sami bumi kuring . Palay bareng wae sami kuring wae tunggang angkotnya ?

Nita : Ahamdulillah.hatur nuhun nya mba.

Yeni : Eta angkotnya mba

 

Percakapan Bahasa Sunda dan artinya:

Nita : Maaf, boleh saya tanya arah menuju Jalan Cendrawasih kemana ya?

Yeni : Oh jalan Cendrawasih. Bisa langsung naik angkutan dari perempatan sini. Kalau naik kendaraan pribadi bisa lurus dari perempatan sini terus belok kiri lurus terus.

Nita : Terimakasih ya mba.

Yeni : Sama-sama. Mau ke tempat mana si mba?

Nita : Mau ke rumah saudara. Tetapi baru pertama kali jadi masih bingung.

Yeni : Oh jalan Cendrawasihnya nomer berapa?

Nita : Cendrawasih nomer 10.

Yeni : Oh kalau gitu deket sama rumah saya. Mau bareng aja sama saya saja naik angkotnya?

Nita : Ahamdulillah. Terimakasih ya mba.

Yeni : Itu angkotnya mba

Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya Tentang Kebersihan

Kebersihan juga menjadi salah satu hal yang memang harus diperhatikan. Nah, bagi Anda yang ingin memperlajari kalimat bahasa sunda dengan artinya dengan masalah kebersihan maka sebaiknya pelajari bahasa Sunda tentang kebersihan rumah yang terdapat di bawah ini.

Percakapan Bahasa Sunda

Ibu : Siska,tulung kamar anjeun eta sateuacan sakola dibersihkeun nya? Teu kenging dugi aya sarang reungit anu iasa midamel kitu kaayaanana reungit nyenyepan getihan.

Siska :Apa eta reungit nyenyepan getihan bu?

Ibu : Reungit nyenyepan getihan eta anu midamel panyakit nyenyepan getihan bahya haturan kasehatan salira

Siska : Naon bedana sami reungit anu lianna?

Ibu : Bedana reungit ieu iasa midamel awak panas,nyenyepan.

Siska : Heueuh bu mimiti ayeuna Siska kersaan bersih-bersih kamar.

Ibu : Teu kenging mung kamar. Bersihkan oge rohangan bumi anu lianna teu kenging dugi aya tempat anu janten sarang reungit.

Siska : Janten biasana reungit nyenyepan getihan bersarang di mana bu?

Ibu : Biasana aya di tempat bersih nanging anu seueur cai na.

Siska : Janten kedah kersaan bersihin tempat cai nya bu?

Ibu : Heueuh leres siska.

 

Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya:

Ibu : Siska, tolong kamarmu itu sebelum sekolah dibersihkan ya? Jangan sampai ada sarang nyamuk yang bisa membuat adanya nyamuk demam berdarah.

Siska :Apa itu nyamuk demam berdarah bu?

Ibu : Nyamuk demam berdarah itu yang membuat penyakit demam berdarah bahaya untuk kesehatan tubuh

Siska : Apa bedanya sama nyamuk yang lainnya?

Ibu : Bedanya nyamuk ini dapat membuat badan panas, demam.

Siska : Iya bu mulai sekarang Siska rajin bersih-bersih kamar.

Ibu : Jangan cuma kamar. Bersihkan juga ruangan rumah yang lainnya jangan sampai ada tempat yang jadi sarang nyamuk.

Siska : Jadi biasanya nyamuk demam berdarah bersarang dimana bu?

Ibu : Biasanya ada di tempat bersih tetapi yang banyak airnya.

Siska : Jadi harus rajin bersihin tempat air ya bu?

Ibu : Iya bener siska.

Percakapan Bahasa Sunda Tentang Pendidikan

percakapan bahasa sunda dan artinya

tirto.id

Pendidikan tentunya juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertanyakan. Bagi Anda yang ingin membahas masalah pendidikan maka bisa mempelajari Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya di bawah ini.

Percakapan Bahasa Sunda

Nisa : Nit,sanggeus lulus smk anjeun palay nerusin kuliah atawa langsung damel?

Vita : Kuring jegud na palay langsung damel deh nis. Menggah anjeun si palay kuliah atawa damel?

Nisa : Menggah kuring dititah nerusin kuliah nis. Naha anjeun teu nerusin nis? pan janten iasa kuliah bareng kuring vit.

Vita : Kuring males nit lami teuing sakola.

Nisa : Ko kitu nit? pan sakola peryogi nit. Anjeun teu pengin cipta-cipta anjeun kahontal vit? Saur anjeun pengin janten guru.

Vita : Pengin nanging jegud na kuliah eta sesah nya vit.

Nisa : Teu nit. Menggah anjeun niat sarta usaha tangtos cipta-cipta mu iasa kahontal.

 

Artinya:

Nisa : Nit, setelah lulus smk kamu mau nerusin kuliah atau langsung kerja?

Vita : Aku kayanya mau langsung kerja deh nis. Kalau kamu si mau kuliah atau kerja?

Nisa : Kalau aku disuruh nerusin kuliah nis. Kenapa kamu ga nerusin nis? kan jadi bisa kuliah bareng aku vit.

Vita : Aku males nit terlalu lama sekolah.

Nisa : Ko gitu nit? kan sekolah penting nit. Kamu ga pengin cita-citamu tercapai vit? Katanya kamu pengin jadi guru.

Vita : Pengin tapi kayanya kuliah itu susah ya vit.

Nisa : Engga nit. Kalau kamu niat dan berusaha pasti cita-cita mu bisa tercapai.

Percakapan Bahasa Sunda Mengajak Jalan-Jalan

Ini dia Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya yang bisa dijadikan untuk mengajak jalan-jalan, Anda dapat menggunakan percakapan di bawah ini.

Percakapan Bahasa Sunda

Niko : Wilujeng wengi Lili. Anjeun rarepot ngga poe ieu?

Lili : Teu Niko. Aya naon?

Niko : Kuring palay ngajakin anjeun jalan-jalan. Anjeun aya waktos?

Lili : Hapunten Niko kuring gabisa margi kuring kedah ngagawekeun PR. Kuring oge henteu kenging sami sepuh kuring.

Niko : Oh heueuh lili teu papa ko.

 

Artinya:

Niko : Selamat malam Lili. Kamu sibuk ngga hari ini?

Lili : Engga Niko. Ada apa?

Niko : Aku mau ngajakin kamu jalan-jalan. Kamu ada waktu?

Lili : Maaf Niko aku gabisa karena aku harus mengerjakan PR. Aku juga tidak boleh sama orangtuaku.

Niko : Oh iya lili engga papa ko.

Demikian percakapan bahasa sunda dan artinya, semoga kalian menjadi mengerti dan paham sehingga dapat kamu gunakan sebagai latihan ataupun percakapan sehari-hari dalam menggunakan bahasa sunda. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca sampai akhir artikel cakmaman

Leave a Reply