√ Ide dan Cara Mengembangkan Usaha di Daerah Sepi

Pada zaman sekarang apalagi tahun 2019 ini peluang usaha telah terbuka sangat luas, tidak lagi terbatas pada perkotaan saja, melainkan membuka usaha di daerah sepi banyak dilakukan.

Sebagai contoh coba amati di daerah pinggiran kota maupun desa sudah banyak toko, warung, ruko, dsb yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari.

Bahkan usaha unik di desa pun telah menunjukkan ide kreatif agar dapat bersaing dengan usaha kompetitor lainnya. Seperti adanya angkringan ‘Gaul’ yang memiliki konsep modern atau klasik, bukan sekedar angkringan ala kadarnya.

Penasaran dengan ide usaha apa aja sih yang bisa meraup omzet besar meskipun di daerah sepi? Berikut ide-ide yang bisa Anda ‘contek’ untuk memulai dan mengembangkan usaha anda.

Ide dan Peluang Usaha di Daerah Sepi

Anda ingin membuka usaha dengan modal kecil? Mungkin di bawah 10 juta? Bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Apalagi bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di desa atau dengan orang tua di kampung.

Cobalah peluang usaha ini untuk di desa, kampung atau daerah sepi.

Makanan

usaha di daerah sepi

Bisnis makanan telah terbukti paling cepat untuk balik modal dan menguntungkan dalam mendapatkan omzet. Sebagai contohnya yaitu dengan jualan bakso, mie ayam, gorengan, warteg, dll.

Rata-rata profit (profit ya bukan omzet) didapatkan bisa 50-100% dari harganya. Bahkan ada yang bisa sampai 200% lebih.

Untuk bisnis makanan, Anda bisa mempertimbangkan dua hal ini. Yaitu Anda ingin mengembangkan usaha yang telah mainstream di daerah Anda, namun harus ada ciri yang berbeda dari pesaing Anda. Jika sama seperti pesaing Anda, maka tidak ada khas yang membedakan usaha Anda dengan yang lainnya.

Pertimbangan yang lainnya Anda bisa membuka usaha makanan yang berbeda atau belum ada di daerah Anda. Resikonya adalah harus mempertimbangkan apakah produk Anda akan laris atau tidak.

Minuman

usaha di daerah sepi

Sama halnya dengan membuka usaha makanan, bisnis minuman juga bisa menguntungkan dengan cepat. Seperti dengan membuka usaha angkringan, jus buah, kedai kopi, dll.

Rata-rata prosentase profit yang didapatkan mungkin dibawah bisnis makanan, namun tetap menguntungkan.

Pertimbangannya pun sama seperti bisnis makanan, cari produk yang berbeda dari lainnya atau mengkreasikan produk sehingga tidak sama dengan pesaing.

Jika Anda berencana membuat kedai kopi atau angkringan menu yang Anda sajikan bisa bermacam-macam dan bisa Anda tambah menu gorengan, nasi kucing, snack, dll. Karena pelanggan yang datang tidak hanya untuk minum saja bukan?

Online Shop

Jika Anda sudah memiliki produk misal alat rumah tangga, baju, jilbab, perlengkapan kosmetik, dll. sangat bisa untuk Anda membuka toko online. Ya, sekarang banyak sekali media atau sarana untuk memasarkan produk lebih luas. Bahkan dapat menjangkau seluruh Indonesia.

Seperti adanya marketplace Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll. dan juga media sosial seperti Facebook, Instagram, dll. Anda bisa juga membuat website sendiri apabila Anda tidak ingin menggunakan marketplace.

Untuk prosedur bisa langsung cek di marketplacenya, atau penyedia jasa pembuatan website di Google. Ada pun media iklan yang sangat populer yaitu Facebook Ads, Instagram Ads, Google Adwords, atau Google My Business.

Suatu keniscayaan bahwa toko fisik saja tidak cukup, omzet akan lebih melejit jika Anda membuat toko online.

Dropshipper / Reseller

usaha di daerah sepi

Menjadi dropshipper atau reseller akhir-akhir ini sangat trend dan menguntungkan. Kenapa menguntungkan? Karena Anda tidak perlu biaya untuk stock produk. Buat Anda yang ingin punya usaha sampingan atau usaha dari rumah ini menjadi dropshipper atau reseller sangatlah bisa.

Atau jika Anda tinggal di daerah sepi seperti desa atau kampung (dibandingkan dengan perkotaan) menjadi dropshipper atau reseller bisa menjadi tambahan penghasilan. Anda bisa daftar reseller dengan klik link tersebut.

Serbu.id sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memulai usaha modal kecil namun hasilnya sangat besar. Peluang usaha yang sangat bermanfaat. Betul?

Cara Mengembangkan Usaha di Daerah Sepi

Setelah kita mengetahui ide dan peluang usaha untuk daerah sepi, pertanyaan selanjutnya bagaimana cara memulai dan mengembangkan usaha tersebut? Dengan keadaan daerah yang sepi bisa meraup omzet yang besar?

Membuat Rancangan Usaha

Sangat penting untuk merancang suatu ide sebelum dilakukan. Anda bisa menggunakan metode BMC ( Business Model Canvas). Ini adalah metode yang simpel untuk merencanakan dan memetakan bisnis Anda. Banyak tutorial, tips, langkah-langkah di google maupun youtube. Cocok untuk usaha pemula yang baru mulai berbisnis.

Selanjutnya adalah merancang anggaran dana. Yang perlu di perhatikan yaitu modal untuk produk, sewa tempat (jika Anda punya toko atau mau buka usaha di rumah tidak perlu sewa tempat), dan biaya peralatan, listrik, dan air.

Jika Anda menjadi dropshipper atau reseller dan membuka toko online menjadi lebih mudah bukan? Tidak dipusingkan lagi dengan anggaran tempat.

Memilih lokasi strategis ini sangat penting untuk Anda jika membuka bisnis kedai kopi atau angkringan. Carilah tempat yang sering dilewati orang misal pinggir jalan raya.

Berikan Pelayanan yang Ramah dan Baik

Pelanggan akan sangat senang dan datang kembali dengan adanya pelayanan yang baik dan membuat senang mereka. Berikan senyuman setiap kali pelanggan memesan ataupun komplain.

Jadikan Lokasi yang Nyaman untuk Pelanggan

Faktor kenyamanan pelanggan saat datang dan berada di toko atau tempat usaha Anda sangatlah menajdi faktor kepuasan mereka. Misal dengan adanya kamar mandi untuk buang air kecil, westafel untuk cuci tangan, tempat parkir yang luas.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah nuansa tempat usaha Anda, usahakan pelanggan Anda nyaman berada di toko Anda.

Apabila Anda belum bisa menyajikan semua hal tersebut, Anda bisa mulai mencicil satu persatu.

Gunakan Internet sebagai Pemasaran Online

usaha di daerah sepi

blog.citos.id

Sempat disinggung di atas untuk melejitkan omzet yang Anda peroleh, Anda perlu menggunakan internet sebagai media pemasaran dan mendulang pengunjung untuk mendatangi toko Anda. Dengan adanya fitur seperti Fanspage di facebook dan instagram, iklan di facebook maupun instagram bisa mendatangkan rezeki lebih.

Bagi anda yang menjadi dropshipper atau reseller dan membuka toko online, bisa menggunakan media periklanan facebook ads, instagram ads, google adwords, dan google my business. Memang perlu modal untuk iklan, tapi jika omzet yang dihasilkan lebih besar mengapa tidak?

Berdoa dan Komitmen

Unsur berdoa bukan hal yang bisa dianggap remeh. Ucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Berdoalah untuk meminta rezeki yang berkah dan bermanfaat, serta meminta diperlancar atas segala usaha Anda. Panjatkan doa agar diberikan penghasilan besar untuk bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Komitmen perlu Anda jadikan sebagai kebiasaan dan mental Anda. Sebab pada semua aktifitas komitmen menjadi faktor kesuksesan seseorang tersebut. Jangan menyerah jika pada beberapa bulan atau tahun awal usaha Anda belum menampakkan hasil yang memuaskan. Karena sukses adalah momentum yang perlu dijemput dan kesiapan Anda untuk mendapatkan kesuksesan Anda.

Jadi usaha di daerah sepi bukanlah hal yang mustahil, Anda bisa mendapatkan penghasilan sampingan atau tambahan meskipun tinggal di desa atau kampung. Demikian dari cakmaman.com. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply